Jalan-jalan di Jakarta Barat Diperlebar

- 11 Mei 2013 03:30 wib
MI/M. Irfan/bo
MI/M. Irfan/bo

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan memulai pengerjaan pelebaran jalan untuk mengurai kemacetan di wilayah Jakarta Barat. Salah satu pengerjaan yang akan dilaksanakan adalah Jalan Arjuna Selatan, Kebon Jeruk, yang berada di pinggir tol Kebon Jeruk mengarah ke Tangerang.

Menurut Kepala Seksi Perencanaan Jalan, Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jalan Jakarta Barat, Agustio, kondisi Jalan Arjuna saat ini memang sudah mulai mengganggu jalur lalu lintas. Pasalnya, hampir setiap hari, jalan tersebut selalu tersendat akibat lebar jalan yang terlalu kecil.

"Lebar jalan sekarang hanya 6 meter. Karena itu akan kita lebarkan menjadi 18 meter," terang Agustio, Jumat (10/5) siang.

Agustio menjelaskan, pengerjaan jalan akan dilakukan lewat dua tahap. Pertama, jalan sepanjang 1,5 km yang dikerjakan mulai dari Jalan Panjang, Arjuna Selatan hingga Jembatan penyebrangan di Jalan Batu Sari, Kebon Jeruk, dan tahap kedua sepanjang 1 km dimulai dari Jalan Batu Sari, Kemanggisan Ilir I, hingga Palmerah.

"Untuk tahap pertama pengerjaan akan dilakukan pada Juli mendatang. Saat ini, kami sedang melakukan sosialisasi kepada pedagang tanaman dan beberapa warga yang akan terkena pembebasan lahan milik Jasa Marga," urai Agustio.

Pasalnya, jalan yang melewati tahap pertama merupakan tanah milik Jasa Marga yang dihuni oleh sekitar 50 pedagang tanaman hias dan batu alam.

Sementara itu, tahap kedua baru akan dimulai setelah sosialisasi pembebasan lahan untuk warga rampung dilakukan. "Di sana banyak rumah warga dan perkantoran. Jadi tahap dua akan kita mulai setelah melakukan sosialisasi pembebasan lahan milik warga," tambahnya.

Terkait pembebasan, Agustio menuturkan pihaknya telah melakukan sosialisi di Kelurahan Kebon Jeruk pada hari Selasa (7/5). Diharapkan, pedagang yang masih berjualan di wilayah yang terkena pelebaran untuk mengosongkan kiosnya paling lambat bulan Juni agar pengerjaan dapat segera dimulai bulan Juli mendatang. Sambil menunggu pembebasan, pihak Dinas tengah melakukan lelang untuk pengerjaan jalan. (Hervinny Wongso)

()

Suryadharma Ali menyebut, ada aspirasi dari bawah yang menghendaki berkoalisi dengan Gerindra.