Microsoft Jadikan Edge Sebagai Default Browser Windows 10, Mozilla Protes

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 31 Jul 2015 16:35 WIB
windows 10
Microsoft Jadikan Edge Sebagai Default Browser Windows 10, Mozilla Protes
Cara untuk mengubah default browser pada Windows 10.

Metrotvnews.com: Microsoft mengumumkan bahwa hanya dalam satu hari setelah peluncurannya, Windows 10 telah digunakan 14 juta orang. Jika Anda adalah salah satu di antara 14 juta orang tersebut, Anda pasti sadar bahwa browser standar Anda telah berubah. Setelah Anda melakukan upgrade ke Windows 10, secara otomatis, browser Anda akan menjadi Microsoft Edge.

Seperti yang disebutkan Engadget, Mozilla mengaku perubahan yang dilakukan Microsoft sebagai sesuatu yang "menggelisahkan", terutama karena, menurut Mozilla, Microsoft membuat proses mengubah default browser dari Edge menjadi browser lain lebih sulit.

CEO Mozilla Chris Beard menyebutkan, Mozilla telah berusaha untuk menghubungi Microsoft mengenai hal ini. Sayangnya, pembicaraan ini "tidak memberikan kemajuan yang berarti," kata Beard.

Inilah kutipan surat terbuka dari Beard untuk Microsoft.

"Upgrade ke Windows 10 telah didesain sedemikian rupa sehingga para pengguna akan secara otomatis menggunakan browser yang Microsoft ingin mereka gunakan. Kami menghargai fakta bahwa secara teknis, para pengguna Windows 10 masih dapat mengubah default browser mereka. Tetapi proses pengubahan ini dibuat menjadi lebih menyulitkan. Proses tersebut membingungkan dan sulit untuk dipahami."

Untuk mengubah default browser Anda, pertama-tama, klik browser yang ingin Anda jadikan sebagai default browser. Setelah itu, Anda akan ditanya apakah ingin menjadikan browser tersebut sebagai default browser.

Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman Setting. Pengaturan untuk default browser akan terletak di bagian bawah. Klik ikon Edge dan akan muncul pilihan berupa browser yang telah Anda install pada komputer Anda. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihat proses pengubahan default browser pada Windows 10 pada video di bawah ini.

Sementara itu, Microsoft memberitahu The Verge bahwa mereka hanya akan mengubah fitur yang ada pada Windows 10 jika mereka menerima protes dari para pengguna.

Inilah jawaban dari Microsoft untuk Mozilla.

"Kami mendesain Windows 10 untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik pada para pengguna. Saat melakukan upgrade, para pengguna dapat memilih setting default mereka, termasuk default browser. Setelah mereka melakukan upgrade, mereka juga dapat dengan mudah mengganti default browser yang mereka inginkan. Kami mendesain Windows 10 sebagai sebuah layanan; jika kami menemukan cara untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik, maka kami akan melakukan hal itu."

Inilah video cara mengubah default browser pada Windows 10.

 


(ABE)