Menteri ESDM Benarkan BBM Agustus Tidak Naik

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 31 Jul 2015 16:49 WIB
harga bbm
Menteri ESDM Benarkan BBM Agustus Tidak Naik
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memutuskan untuk tidak menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar per 1 Agustus 2015.

Menteri ESDM Sudirman Said membenarkan bahwa harga BBM di Agustus tidak dinaikkan. Lebih dari itu, Sudirman mengaku pihaknya tengah mengkaji lebih mendalam terkait pola penentuan harga BBM selama satu tahun.

"Di Agustus tidak ada perubahan harga BBM. Kita mau lihat pola satu tahun lamanya," kata Sudirman, saat halal bihalal, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Selain itu, lanjut Sudirman, keputusan itu diambil lantaran pemerintah ingin menstabilkan harga minyak terlebih dulu. Dalam hal ini, pemerintah terus melakukan kajian dan penelitian terkait memutuskan untuk menaikkan atau menurunkan harga BBM.

"Dan itu sedang kita kaji, kita teliti. Kita tidak langsung memutuskan naik atau turun (harga BBM). Kita ingin masyarakat mendapatkan stabilitas dulu," tuturnya.

Pada sisi lain, Sudirman menjelaskan bahwa saat ini Pertamina tengah mengalami kerugian yang cukup besar, yakni mencapai Rp12 triliun. Kerugian ini dialami karena Pertamina menjual BBM dengan harga yang lebih rendah dari harga keekonomian.

"Pertamina defisit karena menjual di bawah harga keekonomian. Kita tidak boleh rugikan Pertamina," pungkas Sudirman.

Sebagai informasi, harga BBM jenis premium untuk Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) terpantau sebesar R 7.400 per liter. Premium non-Jamali terpantau sebesar Rp7.300 per liter. Sedangkan Solar Rp6.900 per liter.


(ABD)