Antisipasi El Nino, Pemerintah Siapkan Pompanisasi & Embung

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 31 Jul 2015 18:53 WIB
elnino
Antisipasi El Nino, Pemerintah Siapkan Pompanisasi & Embung
Embung untuk mengatasi kekeringan. FOTO: MI/ABDUS SYUKUR

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil sudah melakukan beberapa antisipasi jangka pendek untuk menghadapi musim kemarau panjang (El Nino).

"Sudah diantisipasi. Jadi pertama tingkat skalanya daerah mana yang mulai kena, mana yang sudah berakhir, BMKG menggunakan data bukan hanya BMKG tapi negara lain juga," kata Sofyan di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Ia menyebutkan dampak dari El Nino bukan hanya soal pertanian saja, tapi berdampak ke banyak sektor mulai dari kesehatan dan lingkungan. "El Nino dampaknya ke mana-kemana, misalnya berkembangnya penyakit demam berdarah, kebakaran hutan, kemudian produksi pangan walapun yang panen tidak masalah," jelas dia.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono mengatakan sejumlah antisipasi telah dilakukan pemerintah seperti pembuatan embung dan melakukan pompanisasi.

"Kami ada 21 ribu pompa, investasi embung lebih dari Rp2 triliun pengembangan sumber air. On going project. Pengembangan sumber air dari DAK Rp2,8 triliun baik itu embung, pompanisasi, dan lain-lain," pungkas dia.


(AHL)