Mahar Politik Pilkada Tembus Rp3 Miliar untuk 1 Kursi

Putra Ananda    •    Jumat, 31 Jul 2015 19:01 WIB
pilkada serentak
Mahar Politik Pilkada Tembus Rp3 Miliar untuk 1 Kursi
Mantan Komisioner KPU I Gusti Putu Artha (kiri) di KPU Pusat, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahar untuk mengantongi restu parpol politik bagi calon yang maju dalam pilkada semakin hari kian mahal. Untuk mendapatkan dukungan dari partai politik, rata-rata uang yang harus dikeluarkan oleh calon kepala daerah sebesar Rp1 miliar untuk satu kursi.

"Rata-rata tiap kepala daerah mengeluarakan Rp1 miliar per kursi untuk dapat dukungan," kata mantan Komisioner KPU I Gusti Putu Artha di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2015).

Apabila nilai kursi dukungan strategis, harga yang harus ditebus semakin mahal. Putu sempat menemukan parpol menghargai Rp3 miliar untuk 1 dukungan kursi. "Di salah satu kabupaten ketika kursi ini sangat menentukan dihargai Rp15 miliar untuk 5 kursi," kata Putu.

Menurut Putu, fenomena calon kepala daerah memberi mahar kepada partai politik bukan lah sesuatu yang baru. Saat menjadi Komisioner KPU periode 2007-2012, Putu juga pernah mengetahui praktik yang menciderai demokrasi ini.

"Dulu satu kursi hanya Rp300 juta sampai Rp500 juta. Sekarang lebih mahal lagi. Siapa yang mau kalau partainya sudah begitu?" tutur pria asal Bali ini.


(DOR)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA