Ekspor Sepatu Nike dari Indonesia ke Eropa Capai 40%

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 31 Jul 2015 19:47 WIB
nike
Ekspor Sepatu Nike dari Indonesia ke Eropa Capai 40%
Buruh di pabrik Nike, Serang. FOTO: MTVN/Gervin Purba

Metrotvnews.com, Balaraja: PT Adis Dimension Footwear (ADF) mampu memproduksi sepatu Nike sebanyak 12 juta pasang per tahun. Bahkan, sebagian besar sepatu produksi Indonesia tersebut diekspor ke Eropa.

"Dalam setahun kita bisa memproduksi 12 juta pasang sepatu setiap tahunnya," ungkap Chairman PT ADF Harijanto saat ditemui di Jalan Raya Serang Km 24, Balaraja, Tangerang, Jumat (31/7/2015).

Dia menambahkan, nantinya sepatu tersebut akan diekspor ke Eropa, Asia, dan Amerika. Dia mengatakan, sampai saat ini ekspor terbesar yang dituju adalah Eropa sebesar 40 persen. "Ekspor ke Eropa 40 persen, Asia 30 persen, dan Amerika 30 persen," ungkap bos PT ADF itu.

Selain itu, tambah dia, kualitas sepatu Nike yang dihasilkannya saat ini sama baiknya dengan kualitas sepatu Nike yang diprduksi oleh Vietnam. Hal ini lantaran kualitas jahitan yang dimiliki Indonesia lebih rapih.

"Kualitas sepatu kita sama kok kayak Vietnam. Kalau soal produktivitas output kita kalah. Tapi kualitas jahitan kita lebih rapih," kata Harijanto.

Saat ini produsen sepatu Nike itu sedang menambah pabrik di Majalengka. Pabrik itu kemungkinan akan menambah kapasitas 10 juta pasang sepatu dengan nilai investasi sekitar USD50 juta-USD60 juta.

"Ada penambahan investasi di Majalengka. Saat ini sedang persiapan," katanya.

Sekadar informasi, ADF sudah berdiri sejak 1989 yang sudah mendapatkan lisensi oleh pemegang merek Nike untuk memproduksi sepatu berbagai tipe. Saat ini jumlah karyawan di ADF mencapai 8.456 karyawan.


(AHL)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

33 minutes Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA