Malaysia Airlines MH370

Boeing Pelajari Puing di Pulau Reunion

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 01 Aug 2015 07:27 WIB
malaysia airlines
Boeing Pelajari Puing di Pulau Reunion
Boeing kirim tim selidiki puing di Pulau Reunion (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Boeing akan mengirim tim teknis ke Prancis untuk mempelajari puing yang ditemukan di Pulau Reunion. Saat ini para penyelidik yakin bahwa puing itu berasal dari Malaysia Airlines MH370.

"Sesuai permintaan dari pihak penerbangan sipil yang menyelidiki tragedi ini, Boeing akan mengirim tim teknis untuk menganalisa puing di Pulau Reunion," pernyataan pihak Boeing, seperti dikutip AFP, Sabtu (1/8/2015).

"Tujuan kami bersama dengan seluruh industri penerbangan dunia, untuk terus melanjutkan tidak hanya mencari pesawat tetapi juga mencari tahu apa penyebabnya," sebut raksasa manufaktur pesawat Amerika Serikat (AS).

Namun Boeing tidak menyebutkan berapa banyak orang yang turut serta dalam tim tersebut.

Pengiriman tim ini dilakukan oleh Boeing setelah Deputi Menteri Transportasi Malaysia Abdul Aziz Kaprawi memastikan bahwa puing yang ditemukan di Pulau Reunion berasal dari Boeing 777. Menurutnya pihaknya makin dekat memecahkan misteri MH370.

Menurut Aziz, bagian nomor yang ditemukan di puing, dikonfirmasi berasal dari sebuah Boeing 777.

"Dari nomor suku cadang, dikonfirmasi berasal dari pesawat Boeing 777. Informasi ini berasal dari Malaysia Airlines. Mereka sudah memberitahu kami," ucapnya.

Sebuah penerbangan Air France yang membawa puing itu akan mendarat di Paris, Sabtu (1/8/2015) waktu setempat. Puing itu akan dipindahkan ke Toulose untuk dianalisa.

Sementara pihak Prancis mengatakan bahwa analisa dari bagian pesawat itu akan dilakukan pada Rabu (5/8/2015). Pemeriksaan dilakukan bersama sebuah koper yang ditemukan di dekat puing tersebut.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret 2014. Tragedi ini terjadi ketika pesawat Boeing 777 tersebut lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing, dengan 239 penumpang di dalamnya.


(FJR)