Hari Keluarga Nasional ke-22

Jokowi: Indonesia Akan Menghadapi Bonus Demografi di 2020-2030

Intan fauzi    •    Sabtu, 01 Aug 2015 11:56 WIB
jokowi
Jokowi: Indonesia Akan Menghadapi Bonus Demografi di 2020-2030
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana-----AFP/Roslan Rahman

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Indonesia akan menghadapi bonus demografi dalam lima hingga 15 tahun ke depan. Lonjakan tersebut akan menjadi tantangan buat keluarga di Indonesia.

"Kita perlu menyadari, tantangan dan tanggung jawab yang dihadapi keluarga Indonesia ke depan semakin besar dan berat. Dalam isu kependudukan, Indonesia diprediksi mendapatkan bonus demografi pada 2020-2030," ujar Presiden Jokowi saat membuka acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-22 di Lapangan Sunburst, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (1/8/2015).

Bonus demografi adalah fenomena meningkatnya jumlah usia produktif sehingga penduduk Indonesia akan didominasi oleh usia produktif. "Di mana penduduk dengan umur produktif jumlahnya sangat besar, sementara usia muda dan lanjut tidak banyak," sambung Jokowi.

Pemerintah Indonesia memprediksi, jumlah penduduk usia produktif atau dapat disebut usia angkatan kerja mendominasi hingga 70 persen. Sedangkan 30 persen merupakan penduduk usia muda dan lanjut usia.

"Jumlah usia angkatan kerja mencapai 70 persen. Sedangkan sisanya 30 persen adalah penduduk di bawah usia 15 tahun dan di atas 65 tahun," terang Jokowi.


(TII)