DPR Minta Kementan Serius Hadapi Kemarau Panjang

Wandi Yusuf    •    Sabtu, 01 Aug 2015 13:33 WIB
kekeringandpr ads
DPR Minta Kementan Serius Hadapi Kemarau Panjang
Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin. Foto: PKS

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasluddin, meminta Kementerian Pertanian (Kementan) serius mengantisipasi produk pangan akibat kemarau panjang. 

"Dua agenda besar pertahanan pangan mengalami gangguan akibat musim kemarau yang berkepanjangan, yakni agenda tanam dan panen. Dengan gagalnya tanam dan panen, maka akan mengakibatkan terganggunya stok pangan selama dua periode masa tanam," kata Akmal, dalam keterangan persnya, Jumat (31/7/2015).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini mengaku peringatan untuk mengantisipasi kekeringan ini sudah ia sampaikan sejak dua bulan lalu, ketika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Kehutanan (Kemenhut) berkoordinasi terkait antisipasi kebakaran hutan. 

Saat itu, ia menyampaikan ada ancaman besar yang harus diantisipasi Kementan akibat kemarau panjang, yaitu gagal panen dan sulitnya mempersiapkan penanaman berikutnya.

"Kenyataan yang terjadi saat ini, hampir seluruh sentra produksi padi di Indonesia telah kering dan terjadi Puso atau gagal panen," ungkap Andi Akmal.

Akmal menyesalkan sikap pemerintah yang justru membanding-bandingkan jumlah area yang gagal panen dengan tahun sebelumnya. Pemerintah membandingkan areal kekeringan pada 2014 sebesar 200 ribu hektar lebih, sedangkan sekarang hanya 101 ribu hektar. 

"Ini tidak relevan terhadap upaya pencapaian target produksi padi yang diharapkan menuju swasembada pada tiga tahun ke depan," katanya.

Lebih jauh, ketua DPW PKS Sulsel itu mengemukakan, meskipun ada beberapa tanaman yang mengalami kenaikan produksi seperti blewah dan semangka, tapi mayoritas petani di Indonesia yang mengalami kekerangan adalah petani padi. Ini berdampak buruk bagi ekonomi petani padi.

"Jika pemerintah tidak memberikan perhatian, maka jumlah kemiskinan dalam waktu singkat akan kembali melonjak," ujarnya.


(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

12 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA