Bagikan KIP, Jokowi Ingatkan Jangan Buat Beli Pulsa

Yogi Bayu Aji    •    Sabtu, 01 Aug 2015 18:43 WIB
kartu sakti jokowi
Bagikan KIP, Jokowi Ingatkan Jangan Buat Beli Pulsa
Jokowi membagikan kartu sakti di Jombang, Jawa Timur----MTVN/Yogi

Metrotvnews.com, Jombang: Presiden Joko Widodo memberikan beberapa kartu sakti dalam kunjungan ke Jombang, Jawa Timur, Sabtu (1/8/2015). Dia pun mengingat, kartu bantuan ini harus digunakan dengan baik.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menjelaskan, tiap penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) menadapat bantuan dana tiap tahunnya. SD mendapatkan Rp450 ribu, SMP Rp750, dan SMA Rp1 juta.

"Jangan digunakan untuk yang tidak berguna. Buat beli buku sepatu," kata Puan di lokasi pembagian kartu, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika, Jombang, Jawa Timur, Sabtu sore.

Jokowi pun menjelaskan, mengenai dana yang ada di Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan Kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB). KIS digunakan untuk pengobatan, KKS diberi bantuan sampai 600 ribu sedangkan ASPDB diberi Rp300ribu perbulan dan diambil empat bulan sekali.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian menanyakan apakah dana yang diberikan cukup. Sambil bercanda, dia menanyakan hal tersebut ke pada siswa yang hadir.

"KIP cukup ndak? Sisa banyak? SMA dan SMK di Jombang dapat satu juta, banyak sisanya. Buat beli buku, tas, sepatu. Tapi jangan buat beli pulsa. Kalau ada yang buat beli pulsa, saya pastikan kartunya dicabut," tegas Jokowi.


(ALB)