Mata Uang Negeri Bollywood Lebih Baik dari Mata Uang Garuda

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 01 Aug 2015 20:35 WIB
rupiah melemah
Mata Uang Negeri Bollywood Lebih Baik dari Mata Uang Garuda
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan saat ini mata uang dolar Singapura dan mata uang rupee bisa bertahan dari terpaan menguatnya mata uang dolar Amerika (USD).

Namun ternyata, tidak semua mata uang dari beberapa negara berkembang melemah terhadap USD. Menurut Sofyan Djalil, saat ini hanya dolar Singapura dan rupee yang tidak terpengaruh penguatan USD.

"Yang tidak mengalami pelemahan hanya dolar Singapura dan rupee. Namun rupee jauh lebih baik (dari rupiah)," ujar Menko Sofyan Djalil saat ditemui di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Alasan pergerakan mata uang India itu lebih baik, menurutnya, karena Negeri Bollywood ini mampu memperbaiki struktur ekonominya. Sofyan mengatakan, sebenarnya Indonesia juga harus memperbaiki struktur ekonominya. Namun spekulasi pasar tidak bisa dihindarkan.

"Kita (Indonesia) juga harus memperbaiki struktur ekonominya. Tapi spekulasi di pasar itu yang tidak bisa dihindarkan. Kecuali kita korbankan semua devisa kita," ungkap Sofyan Djalil.

Tapi bagi Sofyan, itu bukanlah pilihan. Ia mengaku tidak ingin dolar terlalu kuat atau terlalu lemah. Jika dolar terlalu kuat, maka akan sangat membebani perusahaan yang berutang ke luar negeri.

"Kalau terlalu lemah malah membuat ekspor kita jadi kesulitan. Jangan kaya di 2009, dolar sampai Rp9.000 per USD. Akibatnya kita enggak bisa bersaing. Karena rupiah kita terlalu kuat," pungkas dia.


(AHL)

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

Surat Novanto Tak akan Pengaruhi Sidang MKD

25 minutes Ago

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad melalui sambungan telepon mengatakan be…

BERITA LAINNYA