Sabu Senilai Rp700 Juta Berhasil Diamankan Kodim Nunukan

Muhammad Reza    •    Minggu, 02 Aug 2015 14:17 WIB
narkoba
Sabu Senilai Rp700 Juta Berhasil Diamankan Kodim Nunukan
Ilustrasi norkaba. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Nunukan: Paket sabu-sabu senilai Rp700 juta berhasil diamankan dari tiga orang kurir narkoba. Satuan intelijen Kodim Nunukan, Kalimantan Utara, berhasil menangkap mereka saat berusaha mengelabui petugas.

Ketiga tersangka menyembunyikan barang haram tersebut di dalam dubur. Sabu-sabu tersebut dibungkus rapi menyerupai telur.

Penangkapan ketiga tersangka berawal dari adanya laporan masyarakat. Ketiganya diketahui akan membawa sabu-sabu dari Tawau, Malaysia menuju Pare-pare, Sulawesi Selatan. Para tersangka menggunakan jalur Nunukan sebagai tempat transit.

Mengetahui hal tersebut, satuan intelijen Kodim Nunukan langsung mencari dan mengejar tersangka. Mencurigai akan menaiki Kapal Motor Catleya menuju Pare-pare, Komandan Kodim Nunukan Letkol Tagor Rio Pasaribu meminta bantuan aparat lain untuk membantu melakukan pencarian.

Dibantu prajurit TNI Angkatan Laut, satuan petugas pengamanan perbatasan, Bea Cukai Nunukan, dan satuan Polres Nunukan. Ketiga tersangka berhasil diamankan di atas KM Catleya sebelum sempat berlayar ke Pare-pare.

Dalam penggeledahan ditemukan sabu-sabu sebanyak dua ball yang disembunyikan di dalam dubur tersangka. Saat dilakukan pemeriksaan sinar x, terbukti ada lima ball sabu-sabu di dalam dubur tersangka.

Dari tangan tersangka turut diamankan sabu-sabu seberat 359,48 gram, uang tunai Rp1,3 juta, RM62, ponsel 4 unit, dan 3 lembar tiket KM Catleya.

Tagor mengatakan penangkapan ketiga tersangka berkat adanya laporan dari masyarakat.

"Sabu-sabu tersebut di bawah dari Tawau menuju Nunukan melalui jalur tikus Sebatik dengan memanfaatkan jalur-jalur yang tidak terjaga," kata Tagor, Minggu (2/8/2015).


(UWA)