Ini Tiga Persoalan yang Diwaspadai Bankir

Arif Wicaksono    •    Minggu, 02 Aug 2015 16:26 WIB
perbankan
Ini Tiga Persoalan yang Diwaspadai Bankir
Illustrasi BI (MIROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kredit, likuiditas, dan beban operasional. Ketiga hal itu yang menjadi tiga permasalahan besar dalam industri perbankan di 2015.

Survey yang dilakukan konsultan keuangan PwC  dari 8 Desember 2014 sampai dengan 9 Januari 2015 terhadap sejumlah bankir menggambarkan kredit menjadi fajtor utama, dan alasan utamanya adalah kenaikan kredit akan menaikkan risiko kredit macet atau NPL di 2015.

Sehingga, perbankan harus mengatasi pemberikan kredit secara hati-hati melalui monitoring system dan proses persetujuan yang lebih seksama. Demikian seperti dikutip dari laman PwC, Minggu (2/8/2015).

Faktor likuditas menjadi pengaruh yang membuat perbankan mencari pendanaan lain dalam menyusun Curent And Savings Accounts (CASA) untuk mengatasi beban likuiditas.

Sedangkan faktor yang terakhir yakni faktor beban operasional patut diperhitungkan sebagai bentuk intermediasi keuangan kepada masyarakat. Cara yang dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan informasi teknologi.

Survei ini melibatkan 62 bankir senior dengan 38 persen di antaranya adalah CEO dan deputi CEO dari perbankan nasional. Bank yang disurvei memiliki 76 persen dari total aset perbankan termasuk sembilan di antaranya merupakan bank papan atas di Indonesia.

Bank tersebut terdiri dari BUMN, bank asing, semua bank BUKU IV di Indonesia, bank syariah, dan BPD. Rinciannya adalah tiga bank BUMN, 13 dari 25 bank asing dan semua bank dengan kategori BUKU IV di Indonesia.


(SAW)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA