Di Sela-sela Muktamar, Makam Gus Dur Diserbu

Faishol Taselan    •    Minggu, 02 Aug 2015 17:41 WIB
muktamar nahdlatul ulama
Di Sela-sela Muktamar, Makam Gus Dur Diserbu
Makam mantan Presiden RI Abdurahman Wahid menjadi salah satu lokasi favorit kunjungan para peserta Muktamar ke-33 NU, di Jombang, Jawa Timur. Foto: MI

Metrotvnews.com, Jombang: Makam mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid, atau kerap dipangil Gus Dur, menjadi salah satu lokasi favorit yang dikunjungi orang di sela-sela pelaksanaan Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama, di Jombang, Jawa Timur.

Ribuan orang, baik muktamirin (peserta muktamar) maupun simpatisan NU, memadati komplek pemakaman Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang. Mereka datang sekadar mendapatkan keberkahan di depan makam Gus Dur.

Mereka tidak hanya datang dari Jawa Timur, tapi juga dari luar Jawa Timur. Mereka memanfaatkan momen muktamar untuk bisa berziarah ke makam Gus Dur dan makan para pendiri NU.

Peziarah sudah menyesaki makam Gus Dur sejak pintu masuk. Meski makam dibatasi dengan pagar, tetap saja peziarah berusaha masuk.

Petugas berkali-kali meminta peziarah tak masuk ke makam Gus Dur. Petugas juga minta peziarah tak berebutan berusaha mendekat ke makam Gus Dur.

Beberapa peziarah yang ditemui mengaku baru pertama kali datang ke Jombang. Seperti disampaikan Mahmudin dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Jika tidak ada muktamar, mungkin saya tak akan berziarah ke sini. Ini sekalian," ujarnya.

Mahmudin yang mengaku dilahirkan dari Jawa Timur hanya ingin meminta berkah dalam kunjungannya. “Saya ingin ngawulo berkah ke Gus Dur,” katanya.

Membeludaknya peziarah selama muktamar diakui pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Salahuddin Wahid. “Mereka ingin sekaligus ziarah. Jumlahnya memang meningkat," katanya.

Arief, petugas penjaga kompleks makam Gus Dur, mengakui peningkatan kunjungan tinggi. "Dalam sehari bisa ada puluhan bus. Sehingga kami tempatkan petugas khusus untuk mengatur parkir bus," katanya.

Jam kunjungan pun ditambah untuk bisa menampung peziarah. “Selama muktamar akses ke makam Gus Dur 24 jam. Sebelumnya, kami hanya melayani kunjungan pukul 07.00 hingga 16.00 WIB dan pukul 20.00 hingga 03.00 WIB,” katanya.


(UWA)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA