Alasan Keamanan, Penumpang Citilink Belum Boleh Bawa Pulang Bagasi

M Rodhi Aulia    •    Senin, 03 Aug 2015 01:25 WIB
kecelakaan pesawat
Alasan Keamanan, Penumpang Citilink Belum Boleh Bawa Pulang Bagasi
ANT/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Penumpang pesawat Citilink QG 7970 penerbangan Jakarta-Padang yang tergelincir saat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang, Sumatera Barat, Minggu (2/8/2015) sudah berhasil dievakuasi dan sebagian dipulangkan ke tempat tujuan masing-masing. Namun, penumpang belum bisa membawa pulang bagasi.

"Bagasi belum boleh dibawa pulang. Masih ada di sana (bandara) karena alasan keamanan," kata salah seorang penumpang Awaluddin,64, lewat sambungan telepon pada Metrotvnews.com, Minggu.

Awaluddin mengaku, bagasi baru boleh diambil dan dibawa pulang oleh penumpang, pada Senin (3/8/2015). Adapun teknis pengambilannya, bisa dijemput langsung di bandara, atau diantar langsung oleh petugas terkait.

"Itu kabar yang kami terima dari perwakilan pengelola bandara dan petugas Citilink," ujar Awaluddin.

Awal sempat menuturkan detik-detik sebelum tergelincirnya pesawat. Ia menumpang pesawat Airbus A320 itu bersama dua orang tuanya. Usianya cukup renta, yaitu 91 dan 88 tahun. Sekira sepuluh menit sebelum mendarat, awak kabin memberikan kabar bahwa cuaca sedang buruk alias hujan deras.

"Pas awal mendarat, mulus. Tidak ada masalah. Tapi, sekira satu detik, tiba-tiba ada hempasan dan oleng ke kiri. Lampu dalam pesawat sempat mati sebentar. Dugaan saya karena landasan yang becek dan karena hujan deras," ujar dia.

Kebetulan, Awal dan kedua orang tuanya itu duduk di barisan nomor 4 D,E, F, dekat dengan pintu darurat. Dia melihat proses pembukaan pintu tersebut. Awal mengatakan, penumpang ada yang turun ke sebelah kanan badan pesawat atau ke sebelah kiri pesawat.

"Sebelah kanan langsung aspal, sebelah kiri rumput. Saya pilih ke rumput, agar tidak masalah apa-apa. Alhamdulillah orang tua saya selamat. Kalau yang turun ke aspal, ada yang luka-luka, dan kabarnya ada dibawa ke RS Djamil Padang," ungkap dia.

Sebelumnya diberitakan Pesawat Citilink mengalami kecelakaan di Bandara Minangkabau. Pesawat tersebut tergelincir karena mengalami pecah ban saat mendarat. Pesawat take off dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng sekitar pukul 17.50 WIB. Kondisi cuaca saat mendarat 'heavy rain' (hujan deras). 


(REN)