International Champions Cup 2015

Bomber Muda Fiorentina Paksa Barcelona Bertekuk Lutut

Achmad Firdaus    •    Senin, 03 Aug 2015 04:30 WIB
international champions cup
Bomber Muda Fiorentina Paksa Barcelona Bertekuk Lutut
Federico Bernardeschi (dua dari kiri) saat merayakan gol ke gawang Barcelona (Foto: Maurizio Degl Innocenti/ANSA via AP)

Metrotvnews.com, Florence: Bomber muda Fiorentina Federicho Bernardeschi tampil sebagai bintang saat timnya menghadapi lawan tangguh Barcelona pada laga International Champions Cup, Senin 3 Agustus 2015 dini hari WIB. Dua gol yang dicetak Bernardeschi memaksa Barca bertekuk lutut dengan skor tipis 2-1.

Tampil di hadapan publik sendiri di Artemio Franchi, Fiorentina meladeni Barca dengan permainan terbuka. Pelatih anyar Paulo Sousa menerapkan pola 3-5-2 dengan menduetkan striker muda, Federico Bernardeschi dan Khouma Babacar.

Strategi ini ternyata membuat Barcelona cukup kerepotan. Terbukti, gawang Marc Andre Ter Stegen sudah bobol ketika laga baru masuk menit keempat.

Borja Valero beraksi di sisi kiri pertahanan Barca. Gelandang asal Spanyol itu sukses mengecoh Sergio Busquets dan kemudian melepas umpan silang yang disambut tandukan manis Bernardeschi untuk membawa Fiorentina unggul 1-0.

Tersentak gol cepat Fiorentina, Barca coba mengambil alih serangan. Namun, alih-alih membalas gol, gawang tim peraih treble winners itu justru kembali koyak pada menit ke-12.

Lagi, sisi kiri pertahanan Barca yang dihuni Jordi Alba diekspoitasi. Kali ini giliran gelandang veteran Joaquin Sanchez yang merangsek ke kotak penalti lalu mengirim umpan tarik yang kembali diselesaikan dengan baik oleh Bernardeschi. Gol kedua striker 21 tahun itu membawa La Viola unggul 2-0.

Barca akhirnya bisa memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-17. Ivan Rakitic mengirim umpan lambung manis ke kotak penalti yang sukses disambar Luis Suarez untuk membobol gawang Fiorentina yang dikawal Ciprian Tatarusanu. Skor 2-1 masih untuk keunggulan Fiorentina.

Setelah gol tersebut, pertandingan berjalan relatif seimbang. Seperti biasa, Barca cukup dominan menguasai bola, sementara Fiorentina terus mengancam lewat serangan balik cepat. Namun, tak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir.

Masuk interval kedua, Barca yang tak ingin kehilangan muka, langsung tancap gas mengambil inisiatif serangan. Luis Enrique memasukkan penyerang muda Munir El Haddadi untuk menambah daya gedor. Adapun di kubu Fiorentina, Paulo Sousa memainkan Giuseppe Rossi dan gelandang anyar Mario Suarez.

Aksi jual beli serangan terus dilancarkan kedua kubu. Barca mengancam lewat kaki Suarez, Pedro dan Munir, sedangkan Fiorentina mengandalkan Rossi untuk memberikan ancaman di jantung pertahanan Barca.

Sejumlah peluang emas pun diciptakan kedua kubu, terutama Barca yang tengah mengejar defisit satu gol. Akan tetapi, segala upaya yang dilakukan penggawa Barca belum mampu menaklukkan Tatarusanu yang tampil cukup sigap di bawah mistar. Skor 2-1 untuk keunggulan Fiorentina pun bertahan hingga laga usai.

Bagi Barca, ini adalah kekalahan ketiga yang mereka alami di ajang ICC 2015. Sebelumnya, tim juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions musim lalu ini ditaklukkan Manchester United (3-1) dan kalah adu penalti dari Chelsea (2-2).

Line up Pemain
Fiorentina (3-5-2):
Tatarusanu; Tomovic, Rodriguez, Roncaglia; Joaquin, Ilicic, Badelj, Valero, Pasqual; Bernardeschi, Babacar.

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Roberto, Pique, Vermaelen, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta; Rafinha, Suarez, Pedro.



(ACF)

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

26 minutes Ago

KPK juga telah melakukan penggeledahan, penyitaan dan penelusuran aliran dana yang diduga berka…

BERITA LAINNYA