Jelang Rilis BPS, Indef Prediksi Inflasi Juli Naik Jadi 0,7-0,8%

Suci Sedya Utami    •    Senin, 03 Aug 2015 08:21 WIB
inflasi
Jelang Rilis BPS, Indef Prediksi Inflasi Juli Naik Jadi 0,7-0,8%
Bahan pokok diprediksi menjadi penyumbang inflasi. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang pengumuman inflasi Juli oleh Badan Pusat Statistik (BPS) siang nanti, Institute for Development of Economic and Finance (Indef) memprediksi tingkat inflasi bulan ketujuh 2015 akan berada pada kisaran 0,7-0,8 persen.

"Kita prediksi mendekati satu persen namun di bawahnya yakni 0,7-0,8 persen," kata Ekonom Indef Enny Sri Hartati, pada Metrotvnews.com, Senin (3/8/2015).

Prediksi ini memang lebih tinggi dari realisasi inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 0,54 persen. Enny memyebut, setidaknya ada dua faktor penyebab inflasi terkerek naik yakni dari bahan pokok dan makanan jadi serta dari transportasi yang mengalami kenaikan harga.

"Mendekati Lebaran kemarin bahan pokok sangat tinggi, semua makanan naik, terutama yang sangat diminati seperti daging yang kenaikannya mencapai Rp140 ribu-Rp150 ribu, begitu juga cabai dan telur," terang Enny.

Sementara itu, biaya transportasi juga mengalami kenaikan tarif yang sangat tinggi saat Lebaran. Karena arus mudiknya naik, biaya transportasi umum juga ikut naik.

"Saya kira dua ini yang punyai aspek kenaikan terhadap barang lain. Ini juga karena adanya perlambatan ekonomi yang menyebabkan daya beli menurun dan akibatnya harga-harga naik," jelas Enny.


(AHL)

Setnov Kirim Surat Tak Bisa Hadiri Sidang KTP-el

Setnov Kirim Surat Tak Bisa Hadiri Sidang KTP-el

3 minutes Ago

Setya Novanto tidak menghadiri sidang kasus korupsi KTP-el. Setnov mengirimkan surat tak bisa h…

BERITA LAINNYA