Teknologi Otomotif

Mesin 2-tak Honda Dipatenkan, Bakal Tanpa Asap dan Oli Samping?

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 03 Aug 2015 09:34 WIB
honda motor
Mesin 2-tak Honda Dipatenkan, Bakal Tanpa Asap dan Oli Samping?
Sketsa desain mesin 2 tak terbaru Honda. Gizmag

Metrotvnews.com, Jakarta: Era kejayaan mesin 2-tak memang belum sepenuhnya hilang, tapi pelahan-lahan akan lenyap. Mesin jenis ini dianggap teknologi lama, boros bahan bakar, dan tidak ramah lingkungan.

Bahkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dikabarkan sudah menyuntik mati Ninja 150, yang bermesin 2-tak. Padahal motor ini satu-satu motor bermesin 2-tak yang masih dijual di Indonesia.

Namun Honda justru baru-baru ini mematenkan mesin 2-tak terbaru mereka. Mesin dengan sistem bahan bakar injeksi ini telah didaftarkan ke United States Patent and Trademark Office.

Honda coba menghapus image negatif yang melekat pada mesin 2-tak yang selama ini ada. Dengan sistem injeksi, Honda menempatkan injektor di belakang kepala silinder dan injektor akan menyemprotkan bahan bakar ketika piston bergerak naik menuju titik mati atas (TMA).

Menurut salah satu sumber internal Metrotvnews.com yang identitasnya dirahasiakan, mengatakan bahwa mesin 2-tak ini benar-benar baru. "Ada katup buang pada bagian atas ruang bakar yang digerakkan rantai keteng," paparnya.

Hal yang membuatnya lebih menarik, mesin ini dikatakan tanpa asap dan tidak butuh oli samping. "Jadi lebih memudahkan perawatan dan konsumsi bahan bakar diklaim juga lebih irit. Mesin 2-tak bakal berjaya lagi bersama Honda," sambungnya.

Kabar ini tentu menarik bagi mereka yang suka dengan mesin 2-tak, apalagi jika Honda benar-benar menghadirkan mesin barunya ini. Jadi semakin penasaran dengan mesin 2-tak Honda ini bukan?


(UDA)