Presiden: Kita Harus Berani Menghadapi Tantangan

Tri Kurniawan    •    Senin, 03 Aug 2015 10:11 WIB
muktamar muhammadiyah
Presiden: Kita Harus Berani Menghadapi Tantangan
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Selasa 26 Mei 2015. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Makassar: Presiden Joko Widodo mengingatkan perjalanan bangsa Indonesia masih panjang. Ke depan, Indonesia akan semakin banyak menghadapi tantangan.

"Kita masih menghadapi tantangan kemiskinan, keterbelakangan, ketimpangan, ketidakadilan. Kita juga harus berhadapan dengan berbagai tindak kejahatan luar biasa yang menggerogoti bangsa ini, korupsi dan ancaman narkoba," kata Presiden saat pidato dalam Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (3/8/2015).  

Indonesia juga harus bersaing dengan kekuatan-kekuatan raksasa ekonomi di peta geopolitik dunia. Hal itu, menurut Presiden, menuntut semua masyarakat untuk terus berkembang dan berubah.

"Kita harus berani menyambut tantangan baru tersebut. Di dalam negeri mari kita ciptakan sistem ekonomi dan tatanan hidup bersama yang berkeadilan, yang berpihak pada kaum yang lemah," tegasnya.

Karena itu, kata Presiden, peran penting Muhammadiyah dalam menjawab tantangan perubahan zaman perlu dilanjutkan dan terus dikembangkan.

Presiden menyambut baik tema Muktamar Muhammadiyah 'Gerakan Pencerahan Menuju Indonesia Berkemajuan'. "Suatu tema yang sangat relevan untuk Indonesia saat ini," katanya.

Presiden menilai, Muhammadiyah mampu mengokohkan peran utama sebagai motor kemajuan bangsa dan negara dengan pandangan Islam yang berkemajuan, sumber daya manusia berkualitas, kepercayaan masyarakat yang tinggi, dan pengalaman sosial yang panjang.


(TRK)