Pompa Air Rusak, Warga Lereng Merapi Merana

Patricia Vicka    •    Senin, 03 Aug 2015 10:23 WIB
kekeringan
Pompa Air Rusak, Warga Lereng Merapi Merana
Pompa air di Desa Glagaharjo, Sleman, Yogyakarta, rusak. Warga kesulitan mendapatkan air bersih. Foto: MTVN/Vicka

Metrotvnews.com,Yogyakarta: Pompa air di desa sekitar lereng gunung Merapi, Yogyakarta, rusak sejak tiga bulan lalu. Akibatnya, meski persediaan air melimpah, puluhan warga di lereng Gunung Merapi, Dusun Tlatah Lor, Desa Glagaharjo Cangkringan, Sleman, terpaksa harus berjalan jauh untuk mencari air.

Pompa air yang rusak itu sangat bermanfaat bagi kehidupan warga di sekitar lereng merapi karena bisa menaikkan air dari mata air Bebeng ke wilayah dekat rumah warga.

Karnu, salah seorang warga, mengatakan ketiadaan dana menyebabkan pompa air bantuan sebuah perguruan tinggi negeri itu tak bisa diperbaiki.

"Kami berharap Pemerintah Sleman segera memberikan bantuan untuk memperbaiki mesin pompa yang rusak," ujarnya, ditemui di Desa Glagaharjo, Minggu (2/8/2015).

Pasalnya, menurut Karnu, saat ini warga harus berjalan satu hingga dua kilometer dengan medan yang menanjak dan berbatuan untuk mendapatkan air. "Kami mulai khawatir akan kekurangan air karena sekarang sudah masuk musim kemarau. Kalau tidak ada air kami tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Selama ini air yang didistribusikan ke rumah warga bersumber dari mata air Bebeng dengan menggunakan pompa air. Ada empat desa di sekitar lereng merapi yang bergantung pada mata air Bebeng, yakni Desa Glagaharjo, Desa Balerante, Desa Panggang, dan Desa Sidorejo.


(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA