Review Mouse

CM Storm Mizar, Kurang All Round

Mohammad Mamduh    •    Senin, 03 Aug 2015 11:14 WIB
review peripheral
CM Storm Mizar, Kurang All Round
Mouse gaming CM Storm Mizar

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk kategori gaming, Cooler Master sebagai produsen casing dan PSU juga menyiapkan jajaran perangkat tersebut ke dalam varian CM Storm. Salah satunya adalah Mizar, mouse yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan gaming. Ketika melihatnya pertama kali, jujur saja saya langsung mengingat pada bentuk mouse klasik yang memiliki dimensi cukup besar.

CM Storm Mizar pada dasarnya adalah mouse dengan tema gaming yang umum, dibungkus dengan warna hitam solid. Pada bagian punggunggnya, Anda bisa melihat logo CM Storm, dan logo ini memang sama sekali tidak memperlihatkan unsur Cooler Master. Dimensinya bukan besar, melainkan memanjang, dengan bentang 124,8 x 60,4 x 40,2 mm. Dimensi ini cukup berimbang dengan bobotnya yang 30 gram.

Mouse gaming ini menyediakan tujuh tombol standar dengan fungsi yang sama seperti mouse lainnya: klik kiri, klik kanan, scroll, dua tombol pengatur DPI. Fungsi setiap tombol pastinya bisa diubah menggunakan driver tambahan yang bisa langsung diunduh di situs resminya.

CM Storm Mizar juga mampu menyimpan tiga profil pengaturan melalui driver ini, dan penggunaan setiap profil dapat terlihat dengan indikator lampu LED logo CM Storm di bagian punggung yang dapat berubah warnanya.



Penggunaan logo CM Storm di punggung mouse sebagai indikator sebenarnya kurang berguna. Mengapa? Karena ketika pengguna mengganti profil mouse, logo ini sudah dipastikan tertutup tangan Anda, sehingga sebenarnya indikator ini tak akan terlihat.

CM Storm Mizar memiliki desain yang cocok digunakan gamer dengan claw grip, walaupun sebenarnya juga bisa digunakan oleh pengguna palm grip. Hanya saja, palm grip bisa digunakan oleh mereka yang memiliki tangan dengan ukuran yang lebih besar.

Secara akurasi, mouse ini memiliki sensitivitas mencapai 8.200 DPI. Sensitivitas ini terbagi menjadi empat yang dimulai dari 200 DPI. CM Storm Mizar adalah salah satu mouse dengan DPI terbesar di kelasnya, sayangnya jumlah pengaturan DPI ini terbatas. Seharusnya, terddapat lebih dari 5 pengubahan DPI pada mouse gaming dengan DPI 5.000 ke atas.




CM Storm Mizar lumayan ergonomis ketika saya menggunakannya, tetapi dalam kriteria tertentu. Gamer bisa menjadi lebih jago ketika bermain beberapa game yang bertema strategi, role-playing, atau action. Tingkat presisinya terasa kurang ketika Mizar dimainkan untuk game FPS.

Jika dibandingkan dengan mouse sekelas, seperti Roccat Kone Pure dan SteelSeries Rival, mouse ini berada di bawah keduanya. Padahal, harganya tidak jauh berbeda.

Kesimpulannya, CM Storm Mizar adalah mouse dengan fitur yang kurang berimbang dengan harga yang ditawarkan. Bukan dari segi akses pengguna yang dapat mengubah fungsi tombol, melainkan tingkat ergonomis yang membuat seorang gamer akan selalu menggunakannya dalam bermain game apa pun. Jika seorang gamer memainkan lebih dari satu jenis game, mouse ini mungkin tak cukup untuk menemaninya.

 

CM Storm Mizar

 

6.5

  • Akurasi mencapai 8200 DPI
  • Cocok untuk pengguna claw grip maupun palm grip
  • Indikator profil tidak terlihat
  • Pengaturan DPI terbatas
  • Tidak cocok untuk segala jenis game
 
 


(ABE)