Petani Donggala Panen Cengkih

Antara    •    Senin, 03 Aug 2015 11:27 WIB
pertanian
Petani Donggala Panen Cengkih
Ilustrasi (MI/Liliek Dharmawan)

Metrotvnews.com, Palu: Para petani di sejumlah desa di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), memanen cengkih yang pada musim ini hasilnya lebih menggembirakan ketimbangan sebelumnya. Namun, sayangnya harga cengkih tersebut mengalami penurunan.

"Buah cengkih kali ini cukup lebat, tapi harganya turun," kata John, seorang petani cengkih di Desa Baiya, Kabupaten Donggala, Senin (3/8/2015).

Ia menjelaskan bahwa petani di desanya sejak pertengahan Juli 2015 telah melakukan panen raya cengkih. Namun, ketika panen raya berlangsung, harga cengkih di pasaran justru turun dan sekarang ini berkisar Rp90 ribu per kilogram (kg). Padahal, sebelumnya harga cengkih sempat mencapai Rp140 ribu per kg.

Ia menjelaskan, kemungkin besar turunnya harga di tingkat petani diduga kuat karena ulah para pedagang yang hendak mendapat keuntungan besar. Pada akhirnya, para petani tidak bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.

Hal senada juga disampaikan I Made Santana, petani asal Desa Budi Mukti, Kabupaten Donggala. Ia membenarkan petani desa itu sedang memasuki panen raya cengkih. I Made mengatakan cengkih merupakan komoditas primadona di desa itu selain kakao dan padi.

Dia juga memiliki pengakuan yang sama bahwa hasil panen kali ini lebih baik daripada musim panen sebelumnya. Mereka berharap harga cengkih yang beberapa pekan ini turun, bisa kembali membaik.


(ABD)