Pengamat: Penundaan Pilkada Pengaruhi Persiapan MEA

Antara    •    Senin, 03 Aug 2015 11:48 WIB
mea 2015
Pengamat: Penundaan Pilkada Pengaruhi Persiapan MEA
MEA (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Mataram: Pengamat ekonomi dari Universitas Mataram M Firmansyah menilai jika pilkada secara serentak di beberapa daerah ditunda pelaksanaannya akan memengaruhi persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diberlakukan awal 2016.

"Daerah harus punya pemimpin yang tetap di akhir 2015, bukan pelaksana tugas atau plt. Karena keputusan strategis dibutuhkan daerah dalam menghadapi MEA mulai 2016," kata M Firmansyah, di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (3/8/2015).

Jika suasana politik tidak kondusif dalam satu tahun ini, dia meyakini, pemerintah dan masyarakat di daerah yang belum memiliki kepala daerah definitif akan sulit untuk serius dan fokus dalam menghadapi tahun perdagangan tersebut.

Firmansyah menambahkan, masing-masing daerah perlu kebijakan distribusi ekonomi yang cepat dan kebijakan infrastruktur perdagangan yang memadai, serta kebijakan ekonomi lainnya. Hal itu tentu bisa dilakukan oleh seorang kepala daerah definitif yang memiliki kewenangan lebih luas dibandingkan seorang plt.

Ketua Pusat Kajian Ekonomi Pembangunan Universitas Mataram ini menilai jika sejumlah daerah belum memiliki kepala daerah definitif pada akhir 2015, maka daerah itu akan menjadi penonton perhelatan MEA.

"Jadi saya ingatkan politisi untuk perhatikan fakta, peluang, dan tantangan ekonomi rakyat bila kegaduhan politik tetap terpelihara," pungkasnya.


(ABD)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA