Soal Perppu Calon Tunggal, Aziz Syamsuddin: Secara Hukum Tidak Perlu

Githa Farahdina    •    Senin, 03 Aug 2015 11:51 WIB
pilkada serentak
Soal Perppu Calon Tunggal, Aziz Syamsuddin: Secara Hukum Tidak Perlu
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin. Foto: Githa Farahdina/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin menilai pemerintah tak perlu menerbitkan perppu untuk calon tunggal di pilkada serentak. Itu karena undang-undang secara tegas sudah mengatur soal keberadaan pasangan calon tunggal.

Menurutnya, secara hukum dan tegas pasangan calon tunggal tak bisa mengikuti pilkada karena tak memenuhi syarat. Dengan demikian, pilkada di daerah yang pasangan calonnya tak lebih dari satu harus diundur.

Selain itu, tak ada hal yang memaksa dan genting sehingga mesti diterbitkan perppu. "Sembilan orang ini dalam keadaan memaksa dan genting? Kan itu yang harus dilihat secara jernih dan objektif. Dalam UU, apabila tidak ada lawan diundur 2017," tegas politikus Partai Golkar ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Secara hukum pun, tambah Aziz, sama sekali tak ada urgensi bagi Presiden Joko Widodo untuk menerbitkan Perppu. "Kita bicara hukum saja," tambahnya.

Nantinya, lanjut dia, daerah yang pilkadanya diundur akan dipimpin pelaksana tugas (Plt) sesuai aturan. "Itu bukan pilihan DPR, UU yang mengatur," tegas Aziz.

Hingga tadi pagi, sembilan daerah disebut hanya diikuti pasangan calon tunggal. Daerah-daerah itu adalah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara, Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, Kota Surabaya dan Kabupaten Blitar di Jawa Timur.

Kemudian, Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah, Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Kabupaten Minahasa Selatan di Sulawesi Utara, Kota Samarinda, dan Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur.

Sementara daerah yang sama sekali tidak memiliki pasangan calon adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur di Sulawesi Utara.


(KRI)