Keliru, Jika Depresiasi Rupiah Bukan Tanggung Jawab Pemerintah

Antara    •    Senin, 03 Aug 2015 11:52 WIB
rupiah melemah
Keliru, Jika Depresiasi Rupiah Bukan Tanggung Jawab Pemerintah
Wakil Ketua DPR Fadli Zon (MI/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fadli Zon menilai, pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro yang menyatakan depresiasi rupiah bukan tanggung jawab pemerintah adalah sikap yang sangat keliru, bahkan berbahaya.

Dirinya sangat menyayangkan hal tersebut. Apalagi, nilai tukar dolar Amerika Serikat (USD) yang sangat tinggi telah melemahkan perekonomian nasional, terutama saat ini nilai tukar dolar terhadap rupiah telah mencapai Rp13.500 per USD.

"Ini menunjukan tidak adanya koordinasi antara pemerintah dengan Bank Indonesia," kata Fadli, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (3/8/2015), seraya mengingatkan pemerintah terkait kondisi ekonomi nasional yang sudah dalam situasi yang berbahaya, salah satunya ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) semakin nyata.

Ia menambahkan, kondisi ekonomi yang seperti sekarang ini menyebabkan akan banyak pelaku ekonomi yang semakin tidak percaya pada pemerintah karena dianggap tidak bisa mengendalikan situasi ini. Kondisi ekonomi saat ini sudah lampu merah dan dalam tanda bahaya. Pemerintah jangan lagi hanya melepas tanggung jawab dan membuang badan atas situasi ini.

"Kalau tidak, defisit akan terus membesar sehingga pemerintah harus ambil tindakan nyata," pungkasnya.


(ABD)

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

37 minutes Ago

KPK juga telah melakukan penggeledahan, penyitaan dan penelusuran aliran dana yang diduga berka…

BERITA LAINNYA