Pegang Hasil Audit, KPK Kembangkan Kasus AF

- 14 Mei 2013 19:05 wib
ANTARA/Rosa Panggabean/fz
ANTARA/Rosa Panggabean/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah menerima laporah hasil audit (LHA) dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait aliran dana dari Ahmad Fathanah dan Luthfi Hasan Ishaaq dalam perkara tindak pidana pencucian uang dalam pengaturan kuota impor daging sapi.

Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi SP, laporan tersebut bisa membantu KPK dalam melakukan penyidikan kasus tersebut. "Kalau ada temuan baru lagi dan berkaitan dengan yang disidik KPK, itu bisa membantu pengembangan penyidikan," katanya di Gedung KPK, Selasa (14/5) petang.

Dokumen tersebut, kata Johan, sudah diterima beberapa waktu lalu. Lantaran itu, dokumen digunakan sebagai tambahan data dalam melakukan pengembangan kasus.

"Kita sedang mengembangkan penyidikan terkait TPK dan TPPU, apakah itu terkait aliran dana dari tersangka yang sudah ditetapkan KPK atau tidak," tambahnya.

Ketika ditanya ke mana arah pengembangan kasus, Johan menyatakan, kasus dikembangkan ke dua arah. "Yang pertama dari pemberi atau penerima, kedua berkaitan dengan aliran dana yang penyidik KPK bisa menyimpulkan seseorang bisa kena Pasal 5 dalam UU TPPU," jelasnya.

Dalam LHA tersebut, PPATK menemukan lebih dari 20 perempuan mendapatkan aliran dana dari orang dekat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Fathanah.  Besaran aliran dana yang berhasil ditemukan beragam, mulai dari Rp40 juta hingga Rp1 miliar.

()

METRO
DAERAH

Siapa Mau Jadi Menteri (7)

20 Agustus 2014 22:39 wib

Mata Najwa, Rabu (120/08/2014): Mata Najwa episode kali ini membahas tema 'Siapa Mau Jadi Menteri'. Hadir di Mata Najwa kali ini Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri BUMN Dahlan Iskan.