Pemberontak Kolombia Ingin Bertemu Paus Fransiskus

Willy Haryono    •    Senin, 03 Aug 2015 12:52 WIB
paus fransiskus
Pemberontak Kolombia Ingin Bertemu Paus Fransiskus
Paus Fransiskus menyapa masyarakat di Vatikan, Italia, Minggu (2/8/2015). (Foto: AFP / ANDREAS SOLARO)

Metrotvnews.com, Havana: Pemberontak FARC asal Colombia, yang saat ini sedang bernegosiasi damai dengan perwakilan pemerintah di Havana, berharap dapat bertemu Paus Fransiskus di Kuba. 

Fransiskus dijadwalkan mengunjungi Kuba pada 19 hingga 22 September sebagai bagian dalam tur Amerika. Nantinya, Fransiskus juga akan menyambangi Amerika Serikat. 

"Kami ingin melakukannya. Itu akan menjadi hal yang luar biasa," ujar juru bicara pemberontak Ivan Marquez di Havana, seperti dikutip AFP, Minggu (2/8/2015). 

"Bayangkan dampak apa yang didapat saat Paus Fransiskus mendukung usaha warga Kolombia mencapai rekonsiliasi setelah konflik selama berdekade-dekade," sambung dia. 

Kolombia adalah negara yang sebagian besarnya pemeluk Katolik. Selama ini, Fransiskus tertarik terhadap sejumlah masalah terkait kemiskinan, emigran Kuba, pengungsi dan tahanan politik. 

Perannya dikenal setelah berhasil membantu mendamaikan AS dan Kuba pada akhir tahun lalu. 

FARC dan pemerintah Kolombia memulai dialog damai sejak November 2012. Beberapa poin telah disepakati kedua kubu, tapi belum ada kesepakatan final. 

Perang di Kolombia diperkirakan menewaskan 220 ribu orang dan memaksa enam juta lainnya melarikan diri dari tempat tinggal masing-masing.


(WIL)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA