17 Rumah `Terlarang` di Bandung Dihancurkan

Roni Kurniawan    •    Senin, 03 Aug 2015 13:18 WIB
penggusuran rumah
17 Rumah `Terlarang` di Bandung Dihancurkan
Rumah yang berdiri di tanah Pemkot Bandung dihancurkan. Foto: MTVN/Roni

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 17 rumah di kawasan Jalan Karawang, Kelurahan Kebon Waru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat, dihancurkan. Belasan bangunan berdiri di atas lahan milik Pemkot Bandung.

Warga yang menempati belasan rumah itu sebelumnya sudah diperingatkan: Mereka harus angkat kaki sebelum 31 Juli. Namun, sampai waktu yang ditentukan, warga tetap tinggal di sana.

"Kita sudah kasih batas waktu hinggal 31 Juli, tapi mereka bertahan dengan berbagai alasan. Sesuai aturan, kita bongkar," kata Kasatpol PP Kota Bandung, Eddy Marwoto, di lokasi pembongkaran, Senin (3/8/2015).

Sebanyak 17 bangunan itu adalah sisa dari 102 bangunan yang sebelumnya sudah dieksekusi. Menurut Eddy, lahan Pemkot Bandung seluas 13 hektare itu akan disulap jadi hutan kota serta apartemen rakyat. Apartemen diperuntukan bagi warga yang rumahnya tergusur.

Namun, sebelum apartemen berdiri, mereka direlokasi ke apartemen rakyat di kawasan Rancacili. "Nantinya apartemen ini juga akan kembali diisi oleh mereka. Jadi, mereka ke Racacili itu hanya transit sampai pembangunan di sini selesai," imbuhnya.

Eddy mengatakan, ini adalah pembongkaran yang kedua. Yang pertama dilakukan 17 Februari dan sebagian besar warga sudah mengisi apartemen di Rancacili.


(UWA)