19 Tahun Menderita Hydrocephalus, Suwendo Butuh Uluran Tangan

Sobih AW Adnan    •    Senin, 03 Aug 2015 13:32 WIB
penyakit
19 Tahun Menderita Hydrocephalus, Suwendo Butuh Uluran Tangan
Suwendo menderita penyakit hydrocephalus selama 19 tahun. Foto: MTVN/Sobih

Metrotvnews.com, Cirebon: Suwendo, lelaki 19 tahun, telah menderita penyakit hydrocephalus sepanjang usianya. Karena datang dari keluarga ekonomi lemah, keluarganya tak mampu mengobati remaja yang bercita-cita jadi kiai itu.
 
“Selama 19 tahun saya mengharapkan supaya anak saya ini bisa sembuh,” ujar Carini, orang tua Suwendo, ditemui Metrotvnews.com di rumahnya, Desa Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (3/8/2015).
 
Hydrocephalus merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat akumulasi abnormal cairan cerebrospinal yang dapat memeras bahkan merusak jaringan otak. Menurut Carini, penyakit ini diderita putra semata wayangnya sejak usia dua bulan.
 
“Awalnya sih kecil, setelah bertahun-tahun semakin membesar. Tapi, saya tidak bisa membawanya untuk berobat apalagi sampai dioperasi. Untuk sehari-hari saja saya harus berjualan jajanan,” keluh Carini.
 
Saat dikunjungi, Suwendo tampak lemah dan tidak mampu berjalan. Aktivitas Suwendo seluruhnya dilakukan dengan merangkak. “Ya, begitu (tidak bisa berjalan)," terang Carini.
 
Meskipun dalam kondisi yang cukup lemah, beruntung Suwendo masih bisa diajak berkomunikasi. Suwendo yang tak pernah merasakan duduk di bangku sekolah ini menjawab cukup lancar saat ditanya cita-cita yang ingin dicapainya.
 
“Cita-cita saya menjadi kiai, pengen sekali bisa masuk pesantren,” ujar Suwendo terbata-bata.


(UWA)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

4 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA