Korban Kebakaran PT Mandom Terima Santunan Rp 4,25 M

Taufik Rahman    •    Senin, 03 Aug 2015 17:08 WIB
kebakaran
Korban Kebakaran PT Mandom Terima Santunan Rp 4,25 M
Daftar nama korban kebakaran pabrik PT Mandom yang dirawat di RSCM. (foto: Antara/dok)

Metrotvnews.com, Jakarta: Uang santunan bagi para pekerja korban kebakaran pabrik PT Mandom Indonesia Tbk., Bekasi, telah cair. Santunan senilai total lebih dari Rp 4,25 milyar diserahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris korban tewas dan luka-luka.

Khusus untuk korban tewas, santuan yang diserahkan bukan hanya uang pemakaman. Namun juga santunan beasiswa untuk anak-anak korban dan jaminan hari tua serta kecelakaan kerja.

"Semoga semua ini meringankan beban keluarga yang ditinggalkan serta mengurangi dampak akibat berpulangnya pencari nafkah bagi keluarga," ujar Dirut BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G. Masassaya di kantor PT Mandom Indonesia Tbk di Jakarta, Senin (3/8/2015). 

Uniknya sebanyak 6 dari 21 korban tewas sebenarnya berstatus sebagai karyawan kontrak. Namun demikian  para ahli warisnya tetap punya hak diberikan santunan sebab selama ini PT Mandom Indonesia Tbk. aktif penuhi kewajibannya sebagai peserta program jaminan hari tua dan jaminan kecelakaan kerja. 

Sementara kepada 36 orang korban luka-luka bakar, diserahkan uang santunan jaminan kecelakaan kerja dan biaya perawatan. Kepada keluarga para korban luka bakar parah tersebut juga diserahkan uang santunan cacat tetap yang terjadi akibat kecelakaan kerja. 

"Total nilai santunan yang diserahkan Rp. 4.259.294.933," ujar Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Achmad Riadi.
 


(LHE)