Pemerintah Butuh USD500 Miliar untuk Sektor Energi

Annisa ayu artanti    •    Senin, 03 Aug 2015 18:22 WIB
energi
Pemerintah Butuh USD500 Miliar untuk Sektor Energi
Menteri ESDM Sudirman Said (ANTARAFOTO/ Fanny Octavianus)

Metrotvnew.com, Jakarta: Pemerintah mengungkapkan membutuhkan dana sebesar USD500 miliar untuk melakukan terobosan dalam pembiayaan dan pembangunan sektor energi.

"Kita harus memiliki terobosan dalam pembiayaan dan pembangunan kapasitas. USD500 miliar kita butuhkan dalam tahun-tahun berikutnya," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Sudirman mengungkapkan ini merupakan salah satu reformasi yang dilakukan pemerintah dalam upaya tercapainya ketahanan energi nasional pada 2019. Selain itu, ada satu strategi lagi untuk merealisasikan ketahan energi yakni melalui kebijakan-kebijakan migas dan mempromosikan industri dalam negeri ke ranah internasional.

"Kebijakan, minyak dan gas, kebijakan investasi untuk mempromosikan industri dalam negeri," ucap dia.

Dari strategi tersebut, salah satu negara yang cukup banyak berinvestasi di sektor ini yaitu Amerika Serikat sangat mendukungnya. Sudirman menyebutkan alasan AS mendukung strategi ini yaitu untuk mempromosikan kemampuan Indonesia dan meningkatkan kapaasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pertama, kemampuan teknologi, untuk mempromosikan kemampuan dalam negeri. Kedua, peningkatan kapasitas untuk human resouces untuk penduduk setempat," pungkas dia.


(ABD)