Efisiensi, Indocement Hentikan Operasi 3 Pabrik di Citeureup

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 03 Aug 2015 19:46 WIB
indocement tunggal prakarsa
Efisiensi, Indocement Hentikan Operasi 3 Pabrik di Citeureup
Pabrik Indocement Tunggal Prakarsa. FOTO: Antara/Jafkhairi

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) Christian Kartawijaya mengakui sudah menghentikan operasi tiga pabrik yang berada di Citeureup. Ketiga pabrik tersebut terdiri dari pabrik P1, P2, dan P6.

"Langkah ini sebagai bentuk efisiensi, sejalan dengan permintaan domestik yang turun, kami akan alihkan produksi semen ke pabrik yang lebih efektif," ujar Christian, ketika ditemui saat halal bihalal bersama manajemen Indocement Tunggal Perkasa di‎ Restoran Kembang Goela, Plaza Sentral, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Dia menguraikan, efisiensi yang dijalankan, perseroan bakal men‎gurangi pabrik tua dan produksi yang sedikit. Sehingga produksi pabrik yang besar diincar oleh perseroan.

"Kalau volume kecil makan, kita produksi pabrik besar, supaya per ton harganya hemat, karena pabrik baru bisa sampai 15-20 persen," tuturnya.

Namun demikian, Christian menegaskan jika penyetopan tiga pabrik yang ada di Citeureup hanya bersifat sementara sembari menunggu permintaan semen kembali meningkat. Menurut dia, tiga pabrik itu memiliki kapasitas sebanyak 1,5 juta ton semen.

Saat dikonfirmasi apakah ada pemutusan hubungan kerja (PHK), Christian sekali lagi menegaskan jika perseroan tidak mem-PHK karyawan. Hanya saja, lanjut dia, para karyawan ini sementara waktu akan dialihkan ke pabrik lain yang lebih produktif.

"P14 butuh pegawai karena memproduksi empat juta ton semen. P1 dan P2 hanya satu juta ton. P1, P2, dan P6 sebanyak 1,5 juta ton. Jadi tidak ada pengurangan karyawan," sebut dia.


(AHL)