Tambah Pacitan, Enam Daerah Batal Ikut Pilkada 2015

Arga sumantri    •    Senin, 03 Aug 2015 20:23 WIB
pilkada serentak
Tambah Pacitan, Enam Daerah Batal Ikut Pilkada 2015
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay (kiri) dan Ketua KPU Husni Kamil Manik -- MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, masuk sebagai salah satu daerah yang batal ikut Pilkada Serentak 9 Desember mendatang. Pacitan dipastikan batal ambil bagian karena hanya ada satu pasangan calon yang lolos usai verifikasi.

"Pacitan, terakhir diverifikasi juga ternyata hanya ada satu calon yang lolos. Jadi otomatis sesuai Peraturan KPU, Pilkadanya ditunda 2017," kata Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (3/8/2015).

Gagalnya Kabupaten Pacitan menambah jumlah daerah yang batal ikut Pilkada. Selain Pacitan, dua daerah lain yang masih dalam tahap pemeriksaan berkas adalah Surabaya dan Minahasa Selatan.

"Apa Surabaya dan Minahasa Selatan itu masuk ke yang ditunda? Kita belum tahu, sekarang di KPU Daerahnya masih berlangsung proses pemeriksaan berkas" tambahnya.

Hingga pukul 19.20 WIB, total daerah yang batal ikut pilkada menjadi enam daerah, yakni Kota Mataram, NTB; Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT; Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kota Samarinda, Kalimantan Timur; Kabupaten Blitar, Jawa Timur; dan terakhir Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Sedangkan Kabupaten Asahan, Sumut; Kabupaten Serang, Banten; Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah; Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat; Minahasa Selatan, Sulut; dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulut dipastikan ambil bagian di Pilkada 9 Desember mendatang lantaran pasangan calon yang memenuhi syarat sudah lebih dari satu.


(SUR)