Bos Bursa Yunani Review Gerak Saham hingga Akhir Minggu

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 03 Aug 2015 21:20 WIB
ekonomi yunani
Bos Bursa Yunani <i>Review</i> Gerak Saham hingga Akhir Minggu
Gedung bursa efek Yunani. FOTO: Reuters/Ronen Zvulun

Metrotvnews.com, Athena: Pasar saham Yunani langsung terperosok pada awal pembukaan perdagangan hari ini begitu kembali dibuka setelah lima minggu ditutup.

Kepala Komisi Pasar Modal Yunani Constantine Botopoulos, mengatakan bahwa tekanan sudah pasti ada seusai pasar saham dibuka. Berkata kepada radio lokal Skai, Botopoulus menambahkan jika pasar saham tidak akan terlalu banyak mengomentari penutupan tersebut.

"Tapi kita tidak harus terbawa (terhadap pelemahan ini). Kita harus menunggu sampai akhir minggu untuk melihat bagaimana pembukaan kembali perdagangan saham ini dapat ditangani dengan lebih tenang," tukas dia, seperti dilansir dari BBC, Senin (3/8/2015).

Seperti diketahui, tidak lama setelah pasar dibuka kembali pada Senin 3 Agustus pukul 07.30 waktu setempat, indeks saham Yunani ATHEX ambles ke level 615,16 poin atau turun 182,36 poin dibandingkan penutupan terakhir pada 26 Juni.

Dibandingkan dengan pasar global lainnya, ATHEX bahkan mengalami penurunan terbesar dalam satu hari, di mana sebelumnya pernah dialami indeks AS Dow Jones sebesar 22,61 persen pada 19 Oktober 1987, yang dikenal sebagai "Black Monday".

Pada hari yang sama, hampir 28 tahun yang lalu, London FTSE 100 turun 10,84 persen, penurunan itu melampaui sejarah dunia pasar modal. Di mana perdagangan hari berikutnya menurun lebih lanjut sebesar 12,22 persen.

Holly Cook, editor situs keuangan Morningstar.co.uk, mengatakan kepada BBC bahwa itu penurunan tersebut bukanlah sesuatu hal yang benar-benar mengejutkan. Tergantung bagaimana sudut pandang setiap individu menyikapi hal ini untuk optimistis kembali menguat.

Dia mengatakan bahwa perekonomian Yunani telah berpotensi untuk kembali pulih. "Kita perlu melihat apa yang akan datang dalam minggu ini dan beberapa bulan ke depan," tambah Cook.


(AHL)