Info APM

Kawasaki Ninja H2R Fix Tidak Dijual di Indonesia

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 05 Aug 2015 10:25 WIB
kawasaki
Kawasaki Ninja H2R Fix Tidak Dijual di Indonesia
Kawasaki Ninja H2R terbentur peraturan di Indonesia. Gearhead

Metrotvnews.com, Jakarta: Hyperbike dengan sistem supercharged yakni Kawasaki Ninja H2 sudah resmi diniagakan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Ninja H2 sendiri merupakan versi jalan raya atau street legal yang dilengkapi dengan komponen yang wajib jika ingin berada dalam lalu lintas jalan raya.

Lalu apa kabarnya dengan Ninja H2R yang punya spesifikasi khusus untuk balap atau track use only? "Iya itu fix kita tidak jadi masukkan, karena terbentur dengan aturan dari Bea Cukai," buka Michael Chandra Tanadi, Assistant Deputy Head Sales and Promotion KMI.

Pria kalem ini menambahkan, Bea Cukai menyebutkan jika KMI menjual H2R lebih dari 10 unit, maka harus dilakukan uji tipe. "Sementara uji tipe itu mengharuskan cek lampu dan piranti lalu lintas lain, padahal motor ini tidak ada sama sekali, jadi tidak mungkin lolos uji tipe," katanya.

Sedangkan mengenai Kawasaki KX yang notabene sama dengan H2R, yakni hanya untuk penggunaan khusus, Michael menerangkan karena motor itu (KX) ada ajang resminya seperti balapan motocross, sedangkan H2R tidak ada.

Dengan demikian KMI hanya meniagakan Ninja H2 yang sampai saat ini telah terjual sebanyak 23 unit.


(UDA)