MediaTek Tambahkan Varian Prosesor High End Helio

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 04 Aug 2015 10:42 WIB
mediatek
MediaTek Tambahkan Varian Prosesor High End Helio
Prosesor MediaTek

Metrotvnews.com: MediaTek sudah dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi prosesor mobile untuk industri gadget kelas menengah ke bawah. Kehadiran jajaran prosesor Helio menanadakan bahwa mereka siap bersaing dengan Qualcomm. Informasi terbaru mengatakan bahwa mereka tengah menyiapkan vairan Helio X terbaru.

Helio X20 diproyekskan menjadi prosesor high end yang akan dirilis oleh MediaTek sekitar akhir tahun ini atau awal tahun depan. Informasi yang kami dapatkan dari GizChina mengatakan bahwa MediaTek tengah menggarap Helio X22, yang memiliki kecepatan sedikit lebih tinggi. Mereka juga menyiapkan Helio X30.

Helio X30 memiliki sepuluh inti prosesor yang terdiri-dari 4 x ARM Cortex-A72 @2,5 GHz, 2 x ARM Cortex-A72 @ 2.0 GHz, 2 x ARM Cortex-A53 @ 1.5 GHz, dan 2 x ARM Cortex-A53 @ 1.0 GHz. Kualitas visualnya akan didukung GPU Mali-T800. Kinerja prosesor sudah mendukung penggunaan RAM 4 GB dan teknologi penyimpanan eMMC 5.1. 

Jika kita lihat pembagian inti prosesornya, Helio X30 bisa menjadi prosesor pertama yang akan menyematkan teknologi quad cluster. MediaTek tampaknya memang serius untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Qualcomm yang sudah lama berkutat di prosesor mobile kelas menengah ke atas.


(ABE)