Kesalahan Merawat Kulit yang Membuat Anda Tampak Tua

   •    Selasa, 04 Aug 2015 11:29 WIB
gaya
Kesalahan Merawat Kulit yang Membuat Anda Tampak Tua
Mencuci wajah wajib dilakukan sehari dua kali (Foto:Feminspire)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelas, kulit tanpa noda sulit didapat. Tapi Anda bisa meningkatkan peluang mendapatkan kulit mulus yang diidam-idamkan dengan memperbaiki kesalahan dalam rutinitas perawatan kulit.

Perubahan sederhana bisa membantu Anda mencegah jerawat dan kemunculan bekas luka, serta memberi kulit yang sehat dan bercahaya.

Untuk itu, sedapat mungkin hindari kesalahan dalam melakukan perawatan kulit seperti berikut.

1. Mencuci wajah terlalu sering atau tidak sama sekali
Anda wajib mencuci muka dua kali sehari untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran dan debu dari pori-pori wajah. Namun, hindari mencuci wajah lebih dari dua kali. Sebab, mencuci wajah berlebihan akan mengikis keberadaan minyak alami, dan kulit Anda akan memproduksi minyak ekstra yang menyebabkan jerawat dan membuat wajah terlihat mengkilap.

2. Mandi dengan air panas
Idealnya, Anda harus mandi dengan air dingin, tetapi jika Anda tidak tahan maka gunakan air hangat saja. Air panas akan membuat kulit kering dan pori-pori terbuka lebih lebar sehingga kulit rentan terkena kotoran dan bakteri.

3. Memencet jerawat
Semua orang sudah tahu bahwa jerawat begitu mengganggu sehingga kebanyakan orang memilih jalan pintas memencet jerawat. Ingat, kebiasan ini merupakan salah satu penyebab utama munculnya jaringan parut. Jadi, saat Anda memiliki jerawat, ingatkan diri agar menghindari menyentuh wajah secara langsung.

4. Tidak minum cukup air sepanjang hari
Pikirkan sel-sel kulit Anda seperti halnya balon air. Sekarang, isi balon tersebut dengan penuh air, dan lainnya hanya setengah penuh. Jika Anda membayangkan dengan tepat, maka balon pertama terlihat tegas dan halus. Sedangkan, balon air yang kedua akan terlihat lebih keriput dan kendor. Begitu pun dengan kulit Anda. Jadi, pastikan Anda minum cukup air setiap hari.

5. Tidak mencuci wajah sebelum tidur
Kulit melakukan peremajaan ketika Anda sedang tidur. Proses ini tidak efektif jika kotoran dan keringat yang menyumbat pori-pori tidak Anda bersihkan sebelumnya. Makanya, Anda perlu mencuci wajah sebelum Anda tidur setiap malam untuk mendapatkan kulit sehat.

6. Mandi sampai Anda merasa sangat bersih
Anda mungkin sering berlama-lama mandi karena tak yakin tubuh sudah bersih. Sayangnya, pola seperti itu akan membuat minyak alami tubuh hilang, dan membuat kulit menjadi kering serta tak terlindungi dengan baik. Untuk mendapatkan kulit yang lebih baik, batasi waktu mandi. Jangan terlalu lama dan hindari menggosok terlalu keras.

7. Tidak mencuci seprai
Anda wajib mengganti sarung bantal dan seprai setiap minggu. Kulit Anda merupakan gudang sel-sel mati saat tidur. Kulit menyedot debu dan kuman yang menempel pada sarung bantal dan seprai. Ketahuilah, kuman tersebut dapat menyebabkan jerawat tanpa Anda sadari.

8. Tidak menggunakan tabir surya
Sering diabaikan, padahal menggunakan tabir surya (sunscreen) sangat penting. Meskipun hujan atau cerah, musim panas, atau musim dingin, Anda tetap harus mengoleskan tabir surya sebelum meninggalkan rumah setiap hari. Sinar UV dari matahari tidak hanya menyebabkan kanker kulit, juga membuat kulit terlihat tua. Mulai sekarang, gunakan tabir surya secara rutin, baik pria maupun wanita.

9. Tidur masih memakai riasan wajah
Make up dapat menyumbat pori-pori dan menghalangi kulit bernapas. Jangan pernah tidur dengan masih menggunakan make up. Menghapus riasan wajah tidak sulit. Anda hanya butuh waktu dua menit. Cara ini untuk mencegah jerawat dan kulit kusam.

10.  Menggunakan kuas kotor
Kuas make up menjadi sarang bakteri. Jadi jika Anda tidak membersihkan kuas secara teratur, Anda akan menempelkan sekitar satu juta kuman ke kulit wajah. Setiap sebulan sekali atau maksimal dua bulan, rendam semua kuas dan sikat make up ke dalam air panas. Lalu, cuci dengan sabun dan gosok lembut.

11. Gaya hidup tidak sehat
Apabila Anda ingin kulit sehat, tiga hal yang perlu Anda lakukan yaitu tidur yang cukup, makan makanan sehat, dan berhenti merokok. Kulit Anda membutuhkan antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran untuk memperbarui diri dan menjaga penuaan dini. Mengapa merokok dilarang? Sebab, rokok akan merusak pembuluh darah dan mencegah produksi kolagen yang penting dalam membuat kulit halus dan elastis. (Sumarni/India Times)


(ROS)