Maswadi Rauf: Pemilu Jurdil Tergantung Keabsaan DPT

- 15 Mei 2013 20:01 wib
MI/Mohamad Irfan/fz
MI/Mohamad Irfan/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Politik Universitas Indonesia Maswadi Rauf tidak begitu khawatir dengan dinamika yang terjadi di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Seperti protes gugatan parpol peserta pemilu ke KPU, ketegangan KPU dan Bawaslu hingga ranah hukum hingga  inkonsistensi implementasi aturan KPU.

"Kalau masalah itu, KPU bisa mengatasi dan cukup berpengalaman, sehingga tidak akan berpengaruh pada penyelenggaraan pemilu yang demokratis, luber, jurdil," katanya kepada Media Indonesia (15/5).

Menurutnya yang paling penting dilakukan KPU untuk menciptakan penyelenggaraan pemilu yang demokratis, luber, jurdil dan memiliki legitimasi adalah keabsahan dan keakuratan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

DPT adalah masalah penting dan terbesar di seluruh daerah yang selalu dihadapi di setiap pemilu. DPT yang tidak jelas ditambah aturan yang tidak sejalan menimbulkan peluang kecurangan dalam pemilu.

"KPU harus mencurahkan tenagannya untuk mengurus DPT. KPU harus bekerja sama dengan Kemendagri untuk mengumumkan ke publik Daftar Pemilih Sementara untuk dicek dan dikoreksi keabsahannya. Setelah itu kembali diseleksi dan dihasilkan DPT," katanya.

Lalu, KPUD juga harus memantau di tingkat kabupaten kota dan mendengarkan keluhan dan laporan dari masyarakat saat proses pengumuman DPS, serta melaporkan kelemahan di setiap kabupaten kota. KPU harus mengambil pengalaman pada Pemilu 2009 yang merupakan pemilu paling buruk di Indonesia.

Saat ditanya mengenai peran E-KTP untuk menjadi data base penentuan DPT, Maswadi pesimis. Menurutnya E-KTP belum bisa dijadikan sumber data karena hingga kini masih ada masyarakat yang belum terdata dan mendapatkan kartu E-KTP.

"Manajemen kita sangat lemah sehingga membutuhkan koordinasi, ketekunan supervisi untuk menyelenggarakan Pemilu 2014 yang demokratis, luber, jurdil dan legitimate," ujarnya. (Raja Eben L)

()

Hamzah Haz--MI/Susanto

Hamzah Haz Hadiri Mukernas PPP

23 April 2014 15:47 wib

MANTAN Ketua Umum Partai Presatuan Pembangunan Hamzah Haz menghadiri Musyawarah Kerja Nasional PPP Ke-III,…