Ekonomi Kreatif Bakal Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Desi Angriani    •    Selasa, 04 Aug 2015 11:50 WIB
ekonomi kreatif
Ekonomi Kreatif Bakal Jadi Tulang Punggung Ekonomi Nasional
Presiden Jokowi saat meresmikan gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE). FOTO: MTVN/Desi Angriani

Metrotvnews.com, Banten: Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE). Presiden pun ingin agar era ekonomi kreatif menjadi jadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Saya yakin era ekonomi kreatif bisa menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia," kata Jokowi, di kawasan BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (4/8/2015).

Menurut Jokowi, industri kreatif dapat menciptakan nilai tambah dan mewarnai citra dan identitas budaya. Untuk itu, ia merasa terdorong membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Barekraf) di bawah kepemimpinan Triawan Munaf.

"Keyakinan tersebut mendorong saya membentuk Barekraf. Saya harap Barekraf segera bekerja dan mempercepat pembangunan di sana. Triawan tidak berasal dari asing tapi dari profesional," imbuh suami Iriana ini.

Selain itu, lanjut Jokowi, juga diperlukan gedung yang mumpuni untuk menampung berbagai pameran dan seni pertunjukan dari para pelaku industri kreatif. "Memang butuh gedung seperti ini," pungkas dia.

Hadir dalam acara ini Menteri Komunikasi dan Informatika Rudy Antara, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Ketua Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf, Plt Gubernur Banten Rano Karno, dan CEO Group Sinarmas Land Michael Widjaja.

ICE dibangun di atas area seluas 220 ribu meter persegi di dalam kawasan pengembangan komersial BSD City, Serpong. Sebagai pusat pameran dan konvensi terbesar dan terluas, ICE memiliki 10 hall dengan luas bangunan 50.000 meter persegi, aula eksebisi luar ruang seluas 50.000 meter persegi, fasilitas aula konvensi, dan ruang pertemuan sebanyak 33 unit dengan kapasitas 10.000 orang.


(AHL)