Malaysia Airlines MH370

Puing Diduga MH370 Akan Diperiksa Rabu

Fajar Nugraha    •    Selasa, 04 Aug 2015 11:50 WIB
malaysia airlines
Puing Diduga MH370 Akan Diperiksa Rabu
Bagian pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Serdang: Puing yang diduga berasal dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang, akan diperiksa pada Rabu (5/8/2015).

Puing berupa flaperon tersebut ditemukan di Pulau Reunion pada Rabu (29/7/2015) lalu. Saat ini, flaperon tersebut berada di tempat pemeriksaan di Prancis.

"Penting untuk mengikuti protokol untuk melakukan proses verifikasi," ujar Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai, seperti dikutip The Star, Selasa (4/8/2015).

Delegasi Malaysia yang saat ini berada di Prancis dipimpin oleh Direktur Jenderal Perhubungan Penerbangan Sipil Malaysia Datuk Seri Azharuddin Abdul Rahman. Abdul Rahman yang akan mewakili Malaysia pada saat pembukaan wadah yang membawa puing tersebut.

Liow menambahkan, penyelidik dari Boeing juga akan hadir untuk melakukan verifikasi terhadap flaperon. Bagian flaperon adalah panel yang bergerak di bagian belakang sayap.

Namun Liow belum mau mengonfirmasi kapan hasil proses penyelidikan itu akan diumumkan. "Kami harus memastikan apakah puing itu berasal dari MH370," tegas Liow.

Sebelumnya, Liow mengonfirmasi bahwa bagian flaperon itu berasal dari pesawat Boeing 777. Tetapi penyelidik belum berani memastikan flaperon merupakan bagian dari Boeing 777 Malaysia Airlines MH370.

"Jika flaperon itu berasal dari MH370, akan ada pertemuan tiga negara dengan Australia, dan Tiongkok. Kami akan membentuk penyelidikan independen," tutur Liow.

Liow mengindikasikan flaperon ini berasal dari MH370, mengingat puing itu terbawa arus hingga ke Pulau Reunion, sebelah timur Madagaskar. Di wilayah Madagaskar, pesawat ini dilaporkan tidak lagi terdeteksi.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang pada 8 Maret 2014 lalu. Pesawat yang lepas landas dari Kuala Lumpur dengan tujuan Beijing itu, membawa 239 penumpang.


(FJR)