Cinema XXI Tetap Prioritaskan Film Nasional

Dwi Ayu Rochani    •    Selasa, 04 Aug 2015 11:50 WIB
film indonesia
Cinema XXI Tetap Prioritaskan Film Nasional
Ilustrasi: Bioskop (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sempat terpetik kabar, Bioskop 21 menganaktirikan film nasional ketimbang film import. Apalagi, jika film nasional tak mampu mendatangkan banyak penonton, maka akan langsung diturunkan dari jadwal tayang.

Saat dimintai konfirmasi, Direktur Jaringan Bioskop Cinema XXI, Tri Rudi Anitio, membantah. Dia menegaskan, pihaknya tetap memprioritaskan film nasional.

"Sebenarnya, animo penonton yang memilih mana film yang disuka dan tidak disuka. Contohnya, film Mencari Hilal. Beberapa hari pertama kosong. Perolehan penonton tertinggi hanya 130. Tidak pernah mencapai angka 200, tapi kita tetap putar filmnya. Kita hanya berharap film ini diketahui orang dari mulut ke mulut," ucapnya saat jumpa pers di Djakarta Theater, Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2015).

Selain itu, banyak yang menuding kemunculan Ant-Man menumbangkan empat film nasional yang dirilis berbarengan pada momen Lebaran. Menjelang Lebaran kemarin, terdapat empat film nasional yang dirilis, yaitu Surga Yang Tak Dirindukan, Comic 8: Casino King Part 1, Mencari Hilal, dan Lamaran.

"Film Ant-Man membuat kempes film lain, tidak. Terbukti Comic 8 melewati angka 1 juta penonton. Surga yang Tak Dirindukan juga. Yang penting itu dalam menentukan rilis tanggal film bisa menentukan suatu hal, " tuturnya.

Anitio pernah mendengar kabar jika produser film yang sudah terkenal gampang memilih tanggal film yang akan dirilis. Dia menegaskan, pihak Cinema XXI tak pernah menganakemaskan produser film.

"Setahu saya, produser selama ini cenderung mengatur jadwal layar. Kita tidak pernah menganakemaskan  produser, tapi kalau film bagus iya. Jadi, produser kini harus berpikir bagaimana cara membuat film yang bagus," tutupnya.


(ROS)