Pemerintah Segera Bangun 100 Taman Ilmu Pengetahuan

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 04 Aug 2015 12:16 WIB
taman
Pemerintah Segera Bangun 100 Taman Ilmu Pengetahuan
Puan Maharani. (foto:Antara)

Metrotvnews com, Jakarta: Pemerintah berencana membangun 100 science techno park atau taman ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh Indonesia. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyebutkan, pembangunan ini akan dilakukan dalam dua tahap.
 
"Sudah ada rencana pembuatan 100 science techno park. Menristek DIKTI akan membuat desain dulu. Tahun ini kita buat 65, tahun depan 35," kata Puan di Gedung BPPT Kemenristek DIKTI, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/8/2015).
 
Ia mengungkapkan, beberapa provinsi sudah masuk dalam daftar rencana pembangunan taman, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Papua. Kemenristek DIKTI akan bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait untuk melancarkan pembangunan.
 
"Kepala Daerah provinsi, kabupaten dan kota akan berkoordinasi dengan Menristek Dikti. Karena, tema taman akan berbeda-beda disesuaikan daerah masing-masing," katanya.
 
Puan berharap science techno park berguna bagi dunia riset teknologi dan pendidikan Indonesia. Konsep taman akan dibuat santai agar dapat dinikmati masyarakat setempat.
 
"Kami sedang pikirkan bagaimana caranya menggabungkan dua konsep tersebut. Jadi, datang ke situ supaya enggak bosan dan bisa rekreasi. Semua masyarakat bisa menikmati science techno park itu," ujarnya.


(FZN)