Bantuan Datang, Warga pun Berebutan Air Bersih

Agus Josiandi    •    Selasa, 04 Aug 2015 12:45 WIB
kemarau
Bantuan Datang, Warga pun Berebutan Air Bersih
Warga menampung air bersih bantuan dari PDAM dan BPBD Pamekasan, Metrotvnews.com/ Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Pamekasan: Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, menyalurkan air bersih ke dua desa. Saat bantuan datang, warga yang mengantre langsung berebut air bersih.

BPBD serta PDAM Pamekasan mendatangkan bantuan ke Desa Majungan dan Pegagan. Kekeringan melanda dua desa itu sejak sebulan lalu sehingga warga sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Bantuan berupa dua truk tangki air bersih. Warga pun berdatangan membawa wadah air mulai dari galon, jeriken, dan ember. Mereka menampung air bersih lalu membawa wadah itu ke rumah masing-masing.

"Di sini sudah sejak bulan puasa yang kekeringan, kalau mau cari air harus ke dusun sebelah," ungkap Kepala Dusun Soro', Desa Pegagan, Sukardi, Selasa (4/8/2015).

Sementara itu, Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus mengungkapkan, distribusi air ke Majungan dan Pegagan adalah peluncuran bantuan air bersih untuk pertama kalinya pada musim kemarau tahun ini.

"Beberapa wilayah yang sangat darurat juga sudah kami salurkan, seperti di kecamatan batumarmar," katanya.

Ditambahkan Firdaus, dalam distribusi ke desa Majungan dan Pagagan Kecamatan Pademawu, pihaknya menerjunkan 4 armada atau tangki air yang masing-masing berukuran 5000 liter.

"Distribusi akan kita lakukan sampai akhir musim kemarau yang diprediksi pertengahan oktober mendatang," tambahnya.

Adapun warga berharap distribusi air bersih ini dilakukan secara berkesinambungan, agar warga tak perlu membeli air bersih untuk memenuhi kebutuhannya, karena harga air bersih sangat mahal pada setiap musim kemarau.


(RRN)