3 Mahasiswa UGM Raih Medali Olimpiade Matematika di Bulgaria

Patricia Vicka    •    Selasa, 04 Aug 2015 13:09 WIB
olimpiade sains
3 Mahasiswa UGM Raih Medali Olimpiade Matematika di Bulgaria
Foto: Mahasiswa Indonesia yang meraih medali dalam International Mathematics Competition (IMC), di Blagoevrad, Bulgaria/MTVN_Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Daerah Istimewa Yogyakarta, meraih medali pada Olimpiade Matematika dalam International Mathematics Competition (IMC), di Blagoevrad, Bulgaria. Olimpiade itu digelar pada 27 Juli-2 Agustus 2015.

Ketiga mahasiswa UGM peraih medali itu yakni Pramudya Ananto, Made Benny Prasetya, dan Willy Sumarno. Pramudya Ananto merupakan mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2011 yang meraih medali emas. Sementara medali perak diraih Made Benny Prasetya, mahasiswa jurusan Matematika. Sedangkan Willy Sumarno, mahasiswa jurusan Matematika angkatan 2012, meraih Honorable Mention.

Perjuangan ketiganya meraih medali tidaklah mudah. Mereka harus mengalahkan 326 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di dunia. Selama dua hari para peserta berkompetisi mengerjakan sejumlah soal yang diberikan panitia.

"Tiap hari kami diberi lima soal esay dengan tingkat kesulitan makin tinggi di setiap nomor. Materi yang dilombakan isinya hampir sama dengan soal tingkat nasional. Tapi tingkat kesulitannya lebih tinggi," kata Pramudya dalam keterangan pers di Yogyakarta, Selasa (4/8/2015).

Meski pernah ikut dalam ajang yang sama pada tahun lalu, Pramudya mengaku mendapat tekanan cukup berat dalam kompetisi tahun ini. "Tahun ini saya berharap dapat lebih baik dari tahun lalu. Karena tahun lalu saya hanya dapat medali perak. Akhirnya bisa terwujud juga harapan saya," ujarnya.

Sebelumnya Pramudya harus mengikuti tahapan seleksi di tingkat nasional. "Di tingkat nasional ada 64 peserta perwakilan masing-masing kopertis. Mereka disaring jadi 25 dan terpilihlah 9 orang untuk mewakili Indonesia ke ajang internasional," tutur dia.

Setelah lolos seleksi, para peserta digembleng selama 10 hari dalam program pembinaan intensif. "Seluruh delegasi digembleng secara intensif. Dilatih mengerjakan soal-soal dan simulasi matematika," pungkasnya.

Atas prestasi ini, Pramudya bisa melanjutkan pendidikan hingga program doktor dengan beasiswa dari Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Selain mahasiswa UGM, lima mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga meraih medali dalam ajang ini.


(TTD)