Kredit Perikanan Bank Mandiri Manado Stagnan

Antara    •    Selasa, 04 Aug 2015 13:18 WIB
bank mandiri
Kredit Perikanan Bank Mandiri Manado Stagnan
Ilustrasi Bank Mandiri (MI/SUSANTO)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bank Mandiri Cabang Manado Hotman Nainggolan mengungkapkan penyaluran kredit perikanan Bank Mandiri hingga semester I-2015 masih stagnan atau belum mengalami perubahan apa-apa.

"Hingga semester I-2015 kami belum melakukan ekspansi kredit ke sektor perikanan karena masih ada dampak pemberlakuan moratorium dari pemerintah pusat yang sangat berpengaruh terhadap sektor tersebut," kata Hotman, di Manado, Selasa (4/8/2015).

Hotman menyatakan pihaknya hanya mempertahankan debitur yang telah ada, namun untuk penambahan debitur sampai saat ini belum ada. "Banyak perusahaan perikanan di Sulut terkena dampak moratorium khususnya transhipment kapal-kapal dan tenaga kerja asing, sehingga membuat industri perikanan khususnya di Kota Bitung mengalami penurunan produksi," jelasnya.

Menurutnya, perbankan masih wait and see dalam penyaluran kredit ke sektor perikanan. Bahkan, perbankan belum memberikan kredit secara berlebih karena ditakutkan berdampak kepada membesarnya kredit macet. "Kami lebih menjaga kualitas kredit agar tetap aman," jelasnya.

Namun, lanjutnya, ke depan jika semua membaik, Bank Mandiri tetap akan menyiapkan pembiayaan khusus untuk sektor perikanan yang sebenarnya memiliki prospek cukup besar. Bank Mandiri berkomitmen akan menggenjot penyaluran kredit sektor perikanan seiring dengan potensi sektor tersebut yang masih besar untuk tumbuh ke depan.

"Kami telah masuk ke sektor ini. Memang perlu digenjot lagi. Hasil produknya berorientasi ekspor sehingga berperan besar menambah devisa negara," pungkasnya.


(ABD)