Kasus TPPI

Penyerahan Berkas Kasus Kondesat Menungu Audit BPK

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 04 Aug 2015 13:49 WIB
korupsi migas
Penyerahan Berkas Kasus Kondesat Menungu Audit BPK
Dirtipideksus Polri Brigjen Viktor Simanjuntak. (Foto: MTVN/ Farah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri Brigjen Victor Simanjuntak menegaskan berkas kasus dugaan korupsi kondensat yang melibatkan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah selesai. Namun, berkas belum bisa diserahkan ke kejaksaan.

"Berkas TPPI perkaranya sudah selesai, tapi ada yang belum. Tentang perkiraan kerugian negara," kata Victor di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, tindak pidana korupsi baru bisa dibuktikan kuat dengan adanya kerugian negara. Sementara itu, Bareskrim masih menanti hasil perhitungan kerugian negara dari BPK.

"Kita belum bisa mengajukan berkasnya, karena kita sedang menunggu perkiraan kerugian negara," jelasnya.

Untuk itu, Victor mengungkap, pihaknya telah membentuk tim guna mempercepat penghitungan kerugian negara dari kasus dugaan korupsi kondensat. Tim-tim itu, kata Victor, ditempatkan di pos-pos tertentu untuk memudahkan pengumpulan data.

Lebih lanjut, Victor mengungkap, berkas yang telah selesai itu adalah milik dua tersangka yakni RP dan DH. Sedangkan pemeriksaan saksi yang sedang berjalan hingga kini, guna melengkapi berkas yang ada. Tapi Victor menegaskan, berkas bakal segera dilimpahkan.

"Saya tidak bisa mengatakan pekan ke berapa, tapi secepatnya," tegasnya.
 


(TII)