Mendagri Akan Bertemu Presiden Bahas Perppu Pilkada

Damar Iradat    •    Selasa, 04 Aug 2015 14:03 WIB
pilkada serentak
Mendagri Akan Bertemu Presiden Bahas Perppu Pilkada
Mendagri Tjahjo Kumolo--Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno terus berkomunikasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terkait masalah pasangan tunggal di Pilkada serentak di beberepa daerah.

"Saya terus komunikasi dengan kementerian yang bertanggung jawab, Kemendagri. Karena masih ada beberapa daerah yang masih menghadapi masalah calon tunggal. Ini harus ditemukan solusinya," kata Pratikno di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

Penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015, menurut Pratikno, harus terlaksana. Meski ada tujuh daerah yang hanya diikuti pasangan calon tunggal.

Kata dia, pelaksanaan Pilkada untuk menjaga hak konstitusional masyarakat, serta hak konstitusi politisi pasangan calon yang telah mendaftar.

Demi menjamin hal itu, kata dia, Mendagri juga telah menyiapkan beberapa opsi. Salah satunya membuat peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) terkait Pilkada serentak.

"Sampai tadi malam kita menunggu data final dari KPU dan hari ini Mendagri akan melaporkan pada Presiden. Mendagri, Menkumham dan Menkopolhukam akan koordinasi langsung dengan Presiden, KPU juga terlibat," ujarnya.

Mantan Rektor UGM itu menambahkan, "Usulan Perppu ini dari Mendagri dan akan disampaikan langsung pada Presiden hari ini".

KPU sendiri telah mengumumkan hasil rapat pleno yang agendanya memverifikasi tahap akhir pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada serentak 2015. Dari hasil tersebut ada 7 daerah yang pelaksanaan Pilkada resmi ditunda.

Hal ini berdasarkan PKPU Nomor 12 Tahun 2015, bagi daerah yang tidak memiliki lebih dari satu pasangan calon, maka pelaksanaan Pilkada di daerah tersebut harus ditunda hingga pelaksanaan Pilkada serentak periode berikutnya pada 2017.

Adapun daftar 7 daerah yang resmi ditunda pelaksanaannya adalah sebagai berikut;

1. Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat.

2. Kabupaten Blitar di Jawa Timur.

3. Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat.

4. Kota Samarinda di Kalimantan Timur.

5. Kabupaten Timor Tengah Utara. di Nusa Tenggara Timur.

6. Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

7. Kota Surabaya, Jawa Timur.


(MBM)