Ada Teras BRI Kapal, Jokowi Minta Semua Pulau Peroleh Pelayanan Bank

Desi Angriani    •    Selasa, 04 Aug 2015 14:45 WIB
bri
Ada Teras BRI Kapal, Jokowi Minta Semua Pulau Peroleh Pelayanan Bank
Presiden Jokowi saat meresmikan Teras BRI Kapal. FOTO: MTVN/Desi Angriani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan peluncuran unit kerja operasional di atas kapal "Teras BRI Kapal". Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Gubernur BI Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, Menteri Kabinet Kerja Sofyan Djalil dan Rini Ssoemarno, Dirut BRI Asmawi Syam, dan Wagub DKI Djarot Syaiful Hidayat.

Pada tahap awal, Teras BRI Kapal akan beroperasi di wilayah Kepulauan Seribu. Kapal yang bernama Bahtera Seva I ini akan berkeliling melayani enam pulau. Yaitu, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan, dan Pulau Panggang. Sementara untuk waktu beroperasi mulai dari Senin-Jumat, dari pukul 07.30 hingga 16.30 WIB.

Dalam menjalankan pelayanannya, Teras BRI didukung teknologi informasi yang dilengkapi petugas teller dan customer service, serta petugas kredit mikro. Presiden berharap, bank-bank lain juga melakukan inovasi serupa sehingga seluruh pulau-pulau terpencil di wilayah pesisir Tanah Air dapat menikmati layanan perbankan.

"Saya harap tidak hanya satu tapi ribuan kapal yang bisa melayani ribuan pulau terpencil sehingga masyarakat merasa terlayani dengan perbankan," ujar dia, di Pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Menurutnya, inovasi terbaru dalam layanan perbankan ini dapat mendorong perputaran uang di masyakarat yang berimbas pada pemerataan pembangunan di Indonesia.

"Saya mengapresiasi atas usaha kreatif dan inovasi. Dengan terobosan perbankan tentu saja membuat pemerintah bisa melakukan pemerataan di seluruh Tanah Air," pungkas dia.


(AHL)