ASEAN Diminta Berbuat Lebih untuk Atasi Ketegangan Laut China Selatan

Fajar Nugraha    •    Selasa, 04 Aug 2015 15:20 WIB
asean
ASEAN Diminta Berbuat Lebih untuk Atasi Ketegangan Laut China Selatan
Pertemuan Menlu ASEAN di Malaysia (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: ASEAN diminta untuk berbuat lebih banyak untuk meredekan ketegangan di Laut China Selatan. Hal tersebut diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia dalam pertemuan Menlu ASEAN (AMM 2015).

Selama beberapa dengan anggota ASEAN terlibat konflik wilayah Laut China Selatan dengan Tiongkok. Ulah Tiongkok yang melakukan reklamasi di wilayah Laut China Selatan mengundang kecaman dari banyak pihak, termasuk Amerika Serikat (AS).

Menlu Tiongkok Wang Yi mengindikasikan pihaknya tidak akan melakukan kompromi terkait masalah ini. Menurut Wang, isu Laut China Selatan seharus tidak dianggkat dalam pertemuan ke-48 para Menlu ASEAN itu. Wang bahkan menegaskan pihaknya akan meneruskan proyek reklamasi itu.

"Tiongkok tidak pernah meyakini bahwa forum multilateral menjadi tempat yang tepat untuk membahas sengketa bilateral secara spesifik," ujar Wang, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa (4/8/2015).

"Segala bentuk percobaan untuk mengangkat isu ini merupakan bentuk kontra produktif dan meningkatkan konfrontasi," tegasnya.

Sementara dalam pidato pembukanya di pertemuan Menlu ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia, Menlu Malaysia Anifah Aman menyindir sikap Tiongkok yang menolak untuk membahas isu tersebut dengan para negara tetangganya.

"ASEAN bisa dan seharusnya memegang peranan vital mengenai masalah Laut China Selatan," tutur Menlu Anifah.

"Terlepas dari masalah ini, semua pihak harus mengatasi isu ini dengan damai dan bekerja sama dengan erat. Kita (ASEAN) sudah membuat awal yang positif, tetapi harus berbuat lebih banyak," sebutnya.

Tiongkok dengan alasan sejarah mengklaim kendali dari Laut China Selatan. Sementara klaim ini berseberangan dengan Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei Darussalam yang juga mengklaim wilayah dari laut yang dikabarkan kaya akan sumber daya itu.
 


(FJR)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

22 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA