Perusahaan Pemasok Gap-H&M Serap 12 Ribu Tenaga Kerja

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 04 Aug 2015 15:30 WIB
bkpm
Perusahaan Pemasok Gap-H&M Serap 12 Ribu Tenaga Kerja
Ilustrasi gerai H & M. FOTO: Reuters/Arnd Wiegmann

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mengawal dan memfasilitasi proyek investasi yang sedang memasuki tahap konstruksi.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengamini, apabila proyek investasi tersebut menyerap banyak tenaga kerja dan berkontribusi terhadap peningkatan ekspor. Franky menyampaikan hal tersebut saat kunjungan kerja ke perusahaan tekstil dan garment ke PT Nesia Pan Pacific Clothing yang berlokasi di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (4/8/2015).

Franky mengapresiasi dan mendukung PT Nesia Pan Pacific Clothing sebagai salah satu perusahaan industri tekstil yang akan menyerap tenaga kerja sebesar 12.600 orang tenaga kerja dan nilai ekspor mencapai USD10,5 juta per tahun.

Dia berharap, perusahaan tersebut terus mengembangkan dan memperluas usahanya di Indonesia. Saat ini, PT Nesia Pan Pacific Clothing memiliki rencana investasi sebesar Rp181,25 miliar dan yang sudah terealiasasi mencapai Rp90,625 miliar. Perusahaan akan selesai masa konstruksi pada akhir 2015.

"Kami dari BKPM memberikan apresiasi karena apabila realisasi investasi PT Nesia Pan Pacific Clothing yang akan selesai konstruksi pada akhir 2015, akan dapat mendukung program Pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kabupaten Wonogiri dan juga sekitarnya. Satu lagi, perusahaan ini juga berkontribusi meningkatkan pendapatan devisa melalui peningkatan ekspor," jelas Franky.

PT Nesia Pan Pacific Clothing merupakan merupakan perusahaan PMA asal Korea Selatan dengan induk perusahaannya Pan-Pacific Co. Perusahaan tersebut, rencananya akan memiliki dua factory dengan kapasitas produksi pakaian jadi (garmen) sebanyak 1,5 juta pcs per tahun yang seluruhnya (100 persen) diperuntukkan bagi pasar ekspor dengan nilai mencapai USD10,5 juta per tahun.

Seperti diketahui, PT Nesia Pan Pacific Clothing bekerja sama memasok H&M, Gap, Old Navy, Target, Tommy & Columbia dalam jangka panjang dan produk-produk yang dihasilkan memiliki kualifikasi dan standar buyer international.

Sementara itu, berdasarkan data BKPM, realisasi investasi selama periode semester I (Januari-Juni) 2015, realisasi investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di sektor tekstil mencapai Rp2.1 triliun, jumlah ini meningkat dibandingkan dengan realisasi investasi pada semester I (Januari-Juni) 2014 sebesar Rp553 miliar.

Sedangkan berdasarkan negara asal, realisasi investasi Korea Selatan pada semester I (Januari-Juni) 2015 berada pada urutan ke-4 terbesar sebesar USD0,7 miliar (4,6 persen), setelah Singapura dan Jepang.


(AHL)